Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 12 Pendekatan Komunitas Adil pada Pendidikan Moral dan Suasana Moral Sekolah F Clark Power University of Notre Dame Ann Higgins DAlessandro Fordham University Pendekatan komunitas adil bertujuan untuk mempromosikan perkembangan moral dan tanggung jawab moral melalui organisasi praktik dan budaya sekolah itu sendiri Pendekatan komunitas adil pada sekolah muncul pada 1974 dengan pembukaan Sekolah Cluster sekolah kecil dalam sekolah yang terletak di Cambridge Massachusetts Dari percobaan ini dan percobaan lain sesudahnya Kohlberg dan rekan rekan penulis Oser Lind dan kolega lainnya serta guru dan siswa dalam berbagai program komunitas adil yang berbeda mengembangkan pendekatan komunitas adil pada pendidikan moral seperti yang kita miliki sekarang ini Kami mulai bab ini dengan menyajikan gambaran tentang tujuan dari pendekatan komunitas adil pada pendidikan moral dan hasil yang dicapai Selanjutnya kami melihat lebih dekat pendekatan komunitas adil dengan menjelaskan asal usulnya dalam model kibbutz dan kemudian penerapannya dengan beberapa penyesuaian Kami selanjutnya membahas apa yang membedakan pendekatan komunitas adil dari pendekatan pendekatan yang terkait pembangunan komunitas pada pendidikan moral Ini membawa kita untuk mempertimbangkan pendekatan komunitas adil sebagai cara pembinaanSeri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 12 Pendekatan Komunitas Adil pada Pendidikan Moral dan Suasana Moral Sekolah F Clark Power University of Notre Dame Ann Higgins DAlessandro Fordham University Pendekatan komunitas adil bertujuan untuk mempromosikan perkembangan moral dan tanggung jawab moral melalui organisasi praktik dan budaya sekolah itu sendiri Pendekatan ...komunitas adil pada sekolah muncul pada 1974 dengan pembukaan Sekolah Cluster sekolah kecil dalam sekolah yang terletak di Cambridge Massachusetts Dari percobaan ini dan percobaan lain sesudahnya Kohlberg dan rekan rekan penulis Oser Lind dan kolega lainnya serta guru dan siswa dalam berbagai program komunitas adil yang berbeda mengembangkan pendekatan komunitas adil pada pendidikan moral seperti yang kita miliki sekarang ini Kami mulai bab ini dengan menyajikan gambaran tentang tujuan dari pendekatan komunitas adil pada pendidikan moral dan hasil yang dicapai Selanjutnya kami melihat lebih dekat pendekatan komunitas adil dengan menjelaskan asal usulnya dalam model kibbutz dan kemudian penerapannya dengan beberapa penyesuaian Kami selanjutnya membahas apa yang membedakan pendekatan komunitas adil dari pendekatan pendekatan yang terkait pembangunan komunitas pada pendidikan moral Ini membawa kita untuk mempertimbangkan pendekatan komunitas adil sebagai cara pembinaan