7 02 5 6 LOLG 5HDOLWDV DWDN HDJDPDDQ 7UDGLVL1XVDQWDUD IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI SD 2 DAN MI AL ISLAM JAMSAREN SURAKARTA Dyah Ayu Setyaningsih Abstrak Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki keberagaman ras suku budaya agama yang berbeda beda Moderasi beragama sebagai jalan tengah dalam menghadapi perbedaan Perbedaan yang ada di Indonesia jangan sampai mengalami perpecahan atau dalam menanamkan nilai nilai moderasi beragama yang kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari Implementasi moderasi beragama di SD Al Islam 2 Jamsaren dan MI Al Islam Jamsaren melalui pendidikan agama islam diantaranya akidah akhlak dan ibadah Moderasi agama bukan mata pelajaran sendiri tetapi subsub babnya sudah masuk dalam mata pelajaran pendidikan agama islam Tujuan artikel ini untuk mengetahui bagaimana implementasi moderasi beragama di SD Al Islam 2 Jamsaren dan MI Al Islam Jamsaren Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik Kata kunci Moderasi beragama SD SD Al Islam 2 Jamsaren MI AlIslam Jamsaren A PENDAHULUAN Indonesia adalah negara yang multikultural yang terdiri dari suku ras dan agama yang berbeda beda Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda beda tetapi tetap satu jua Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan yang Seri Fakta Moderasi 1 PSOHPHQWDVL0RGHUDVL HUDJDPD 7 02 5 6 LOLG 5HDOLWDV DWDN HDJDPDDQ 7UDGLVL1XVDQWDUD IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI SD 2 DAN MI AL ISLAM JAMSAREN SURAKARTA Dyah Ayu Setyaningsih Abstrak Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki keberagaman ras suku budaya agama yang berbeda beda Moderasi beragama sebagai jalan tengah dalam menghadapi perbedaan Perbedaan yang ada ...di Indonesia jangan sampai mengalami perpecahan atau dalam menanamkan nilai nilai moderasi beragama yang kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari Implementasi moderasi beragama di SD Al Islam 2 Jamsaren dan MI Al Islam Jamsaren melalui pendidikan agama islam diantaranya akidah akhlak dan ibadah Moderasi agama bukan mata pelajaran sendiri tetapi subsub babnya sudah masuk dalam mata pelajaran pendidikan agama islam Tujuan artikel ini untuk mengetahui bagaimana implementasi moderasi beragama di SD Al Islam 2 Jamsaren dan MI Al Islam Jamsaren Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik Kata kunci Moderasi beragama SD SD Al Islam 2 Jamsaren MI AlIslam Jamsaren A PENDAHULUAN Indonesia adalah negara yang multikultural yang terdiri dari suku ras dan agama yang berbeda beda Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda beda tetapi tetap satu jua Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan yang Seri Fakta Moderasi 1 PSOHPHQWDVL0RGHUDVL HUDJDPD