Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif bagi calon guru dan guru profesional dalam meraih standar keprofesionalan dalam dunia pendidikan. Dalam buku ini, dibahas secara mendalam tentang konsep pendidikan dalam perspektif Islam, serta peran dan tanggung jawab seorang guru dan siswa dalam kerangka kehidupan beriman dan bermasyarakat. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya literasi sekolah sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Buku ini didasarkan pada visi nasional Indonesia, terutama dalam Pembukaan UUD 1945, yang menekankan pentingnya pendidikan sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam konteks ini, guru dianggap sebagai penjaga dan penggerak utama dalam proses pendidikan nasional. Seorang guru profesional diharapkan mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar mengajar secara efektif, serta mampu menghindari kesalahan yang dapat menghambat keberhasilan pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membuka ruang bagi kritik dan saran yang konstruktif, karena penulis menyadari bahwa buku ini bukanlah satu?satunya referensi, namun diharapkan menjadi salah satu sumber ilmu yang bermanfaat bagi para pendidik. Dengan demikian, buku ini menjadi panduan yang relevan dan berharga bagi semua pihak yang peduli terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Kesimpulan: Buku ini merupakan karya ilmiah yang menggabungkan konsep pendidikan nasional dengan pendekatan Islam, serta memperkuat peran guru sebagai penuntun dan penggerak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang keprofesionalan guru dan merupakan referensi penting bagi calon dan profesi guru di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif bagi calon guru dan guru profesional dalam meraih standar keprofesionalan dalam dunia pendidikan. Dalam buku ini, dibahas secara mendalam tentang konsep pendidikan dalam perspektif Islam, serta peran dan tanggung jawab seorang guru dan siswa dalam kerangka kehidupan beriman dan bermasyarakat. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya literasi sekolah sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Buku ini didasarkan pada visi nasional Indonesia, terutama dalam Pembukaan UUD 1945, yang menekankan pentingnya pendidikan sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam konteks ini, guru dianggap sebagai penjaga dan penggerak utama dalam proses pendidikan nasional. Seorang guru profesional diharapkan mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar mengajar secara efektif, serta mampu menghindari kesalahan yang dapat menghambat keberhasilan pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membuka ruang bagi kritik dan saran yang konstruktif, karena penulis menyadari bahwa buku ini bukanlah satu?satunya referensi, namun diharapkan menjadi salah satu sumber ilmu yang bermanfaat bagi para pendidik. Dengan demikian, buku ini menjadi panduan yang relevan dan berharga bagi semua pihak yang peduli terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Kesimpulan: Buku ini merupakan karya ilmiah yang menggabungkan konsep pendidikan nasional dengan pendekatan Islam, serta memperkuat peran guru sebagai penuntun dan penggerak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang keprofesionalan guru dan merupakan referensi penting bagi calon dan profesi guru di Indonesia.
Jumlah Halaman | 110 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-215-353-0 |
eISBN |