Sinopsis Buku: Buku *Seluk-Beluk Tunanetra dan Strategi Pembelajarannya* merupakan panduan lengkap dan praktis bagi para guru dan pengajar dalam mengembangkan potensi anak tunanetra. Buku ini menjelaskan secara mendalam tentang definisi, karakteristik, serta kebutuhan anak tunanetra dalam proses belajar-mengajar. Penulis membahas berbagai aspek yang berkaitan dengan penglihatan dan pengembangan konsep, serta memberikan strategi pengajaran yang efektif untuk memfasilitasi pembelajaran tunanetra. Selain itu, buku ini juga menyajikan informasi tentang media pembelajaran yang relevan, seperti Braille sebagai sarana utama dalam memperoleh informasi, serta strategi pengajaran Braille yang bisa diterapkan oleh guru. Terdapat pula pembahasan mengenai orientasi dan mobilitas, yang sangat penting dalam membantu anak tunanetra dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Buku ini juga mengandung kisah inspirasional yang mampu memotivasi pembaca untuk lebih optimis dalam memberikan pendidikan yang berkualitas kepada anak tunanetra. Dengan berbagai panduan dan strategi yang disajikan, buku ini diharapkan menjadi acuan yang bermanfaat bagi para pendidik dalam membangun sistem pembelajaran yang inklusif dan berkelanjutan.
Sinopsis Buku: Buku *Seluk-Beluk Tunanetra dan Strategi Pembelajarannya* merupakan panduan lengkap dan praktis bagi para guru dan pengajar dalam mengembangkan potensi anak tunanetra. Buku ini menjelaskan secara mendalam tentang definisi, karakteristik, serta kebutuhan anak tunanetra dalam proses belajar-mengajar. Penulis membahas berbagai aspek yang berkaitan dengan penglihatan dan pengembangan konsep, serta memberikan strategi pengajaran yang efektif untuk memfasilitasi pembelajaran tunanetra. Selain itu, buku ini juga menyajikan informasi tentang media pembelajaran yang relevan, seperti Braille sebagai sarana utama dalam memperoleh informasi, serta strategi pengajaran Braille yang bisa diterapkan oleh guru. Terdapat pula pembahasan mengenai orientasi dan mobilitas, yang sangat penting dalam membantu anak tunanetra dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Buku ini juga mengandung kisah inspirasional yang mampu memotivasi pembaca untuk lebih optimis dalam memberikan pendidikan yang berkualitas kepada anak tunanetra. Dengan berbagai panduan dan strategi yang disajikan, buku ini diharapkan menjadi acuan yang bermanfaat bagi para pendidik dalam membangun sistem pembelajaran yang inklusif dan berkelanjutan.
Jumlah Halaman | 124 |
---|---|
Kategori | Pendidikan - Pendamping Pelajaran - Pengayaan |
Penerbit | Javalitera |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-98182-1-5 |
eISBN | 978-623-7170-90-7 |