Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang struktur dan fungsi mesin sepeda motor, khususnya bagian-bagian utama seperti kepala silinder dan blok silinder. Penulis menjelaskan secara sistematis konstruksi mesin, mulai dari bagian paling atas yaitu kepala silinder yang berfungsi sebagai penutup lubang silinder dan tempat dudukan busi, hingga blok silinder yang merupakan tempat bergeraknya piston. Dalam buku ini juga dijelaskan bahan pembuatan kedua komponen tersebut, seperti kepala silinder yang biasanya terbuat dari aluminium campuran untuk tahan karat, ringan, dan tahan suhu tinggi, sedangkan blok silinder terbuat dari besi tuang yang mampu menahan panas dan gesekan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang proses pembakaran dalam mesin, yaitu proses oksidasi cepat bahan bakar yang menghasilkan panas dan energi. Proses ini terjadi di dalam silinder, dan energi yang dihasilkan mendorong piston, sehingga memutar poros engkol. Buku ini juga menjelaskan perbedaan konstruksi antara mesin dua langkah dan empat langkah, serta pentingnya sistem pendinginan dan pelumasan untuk menjaga efisiensi dan kinerja mesin. Dalam buku ini, penulis juga menyertakan informasi teknis seperti pengukuran diameter boring dan penggantian pelapis silinder bila terjadi keausan berlebihan. Buku ini sangat cocok sebagai referensi bagi pelajar SMK, mahasiswa teknik mesin, maupun para pemilik sepeda motor yang ingin memahami secara rinci bagian-bagian mesin dan cara kerjanya. Materi yang disajikan dalam buku ini dirancang untuk memudahkan pemahaman dan penerapan dalam dunia nyata.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang struktur dan fungsi mesin sepeda motor, khususnya bagian-bagian utama seperti kepala silinder dan blok silinder. Penulis menjelaskan secara sistematis konstruksi mesin, mulai dari bagian paling atas yaitu kepala silinder yang berfungsi sebagai penutup lubang silinder dan tempat dudukan busi, hingga blok silinder yang merupakan tempat bergeraknya piston. Dalam buku ini juga dijelaskan bahan pembuatan kedua komponen tersebut, seperti kepala silinder yang biasanya terbuat dari aluminium campuran untuk tahan karat, ringan, dan tahan suhu tinggi, sedangkan blok silinder terbuat dari besi tuang yang mampu menahan panas dan gesekan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang proses pembakaran dalam mesin, yaitu proses oksidasi cepat bahan bakar yang menghasilkan panas dan energi. Proses ini terjadi di dalam silinder, dan energi yang dihasilkan mendorong piston, sehingga memutar poros engkol. Buku ini juga menjelaskan perbedaan konstruksi antara mesin dua langkah dan empat langkah, serta pentingnya sistem pendinginan dan pelumasan untuk menjaga efisiensi dan kinerja mesin. Dalam buku ini, penulis juga menyertakan informasi teknis seperti pengukuran diameter boring dan penggantian pelapis silinder bila terjadi keausan berlebihan. Buku ini sangat cocok sebagai referensi bagi pelajar SMK, mahasiswa teknik mesin, maupun para pemilik sepeda motor yang ingin memahami secara rinci bagian-bagian mesin dan cara kerjanya. Materi yang disajikan dalam buku ini dirancang untuk memudahkan pemahaman dan penerapan dalam dunia nyata.
Jumlah Halaman | 104 |
---|---|
Kategori | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) |
Penerbit | Zahara Pustaka |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-1624-58-6 |
eISBN | 978-623-7377-31-3 |