Sinopsis Buku: Buku ini memberikan gambaran komprehensif tentang Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), yang merupakan salah satu parameter penting dalam dunia pendidikan Indonesia. Dalam konteks reformasi pendidikan tahun 2021, AKM dan Survei Karakter (SK) diusulkan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa, sekaligus menggali potensi karakteristik peserta didik. Buku ini menjelaskan konsep, tujuan, dan implementasi AKM sebagai model penilaian yang berbasis bukti dan berfokus pada pengembangan kemampuan kognitif tinggi (HOTS). Dengan pendekatan yang berorientasi pada literasi dan keterampilan berpikir kritis, buku ini bertujuan untuk membentuk generasi yang kreatif, inovatif, mandiri, dan berakhlak, sejalan dengan visi membangun Indonesia yang lebih baik. Buku ini juga menjadi panduan bagi pendidik dalam merancang dan menerapkan asesmen yang lebih bermakna dan berkelanjutan.
Ujian negara diperbaiki sistemnya menjadi Assesmen dan survey karakter dimana dalam assesmen tidaklah menafikkan seseorang cerdas dalam bidang yang selama ini diunggulkan Assesmen yang membutuhkan bukti bukti sebagai pendukungnya dengan menitik beratkan pada literasi baca tulis dan numerasi akan membuat warga negara menjadi literat yang haus pengetahuan Harapannya nanti akan lahir generasi yang kreatif inovatif mandiri dan berahlakul karimah dengan dijiwai karakter bangsa Indonesia Buku ini disusun berdasarkan kondisi dan tahun berjalan menyesuaikan dengan perkembangan dunia pendidikan yang lagi gencar gencarnya membahas tentang assesmen dan pencanangan karakter agar para pembaca mempunyai gambaran tentang asesmen kompetensi minimal yang akan dijadikan salah satu parameter dunia pendidikan di Indonesia
Jumlah Halaman | 66 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Indocamp |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-252-961-8 |
eISBN | 978-623-252-960-1 |