Sinopsis Buku: Buku ini membawa pembaca melalui perjalanan sejarah pendidikan Islam dari masa klasik hingga modern, dengan fokus pada perkembangan dan peran pendidikan dalam membentuk peradaban Islam. Buku ini menyajikan kajian sistematis tentang sejarah pendidikan Islam, mulai dari munculnya lembaga pendidikan seperti madrasah dan jamiāah di masa Abbasiyah, hingga keberadaan universitas-universitas ternama seperti Al-Qarawiyin, Al-Azhar, dan Sankore yang menjadi pusat ilmu pengetahuan di dunia Islam. Selanjutnya, buku ini menjelaskan perkembangan pendidikan Islam di wilayah Eropa Timur, khususnya di bawah kekaisaran Mongol dan Ottoman, serta peran pendidikan dalam memperluas pengaruh Islam di kawasan tersebut. Buku ini juga menggambarkan evolusi pesantren di Indonesia, mulai dari masa penjajahan Belanda hingga Jepang, serta peran pesantren dalam membentuk identitas dan nilai-nilai keislaman masyarakat Nusantara. Dengan pendekatan yang komprehensif dan metodis, buku ini memberikan gambaran yang jelas dan terstruktur tentang hubungan antara sejarah dan pendidikan Islam, serta pentingnya studi sejarah dalam memahami kemajuan peradaban Islam. Buku ini sangat bermanfaat bagi para pelajar, peneliti, dan pecinta sejarah pendidikan Islam yang ingin memahami akar-akar dan perjalanan pendidikan Islam di berbagai wilayah dan masa.
Kata sejarah berasal dari bahasa Arab syajaratun dibaca syajarah diartikansebagai pohon kayu Kata ini menunjukkan sifat bentuk kejadian perkembangan atau pertumbuhan tentang ihwal peristiwa yang terjadi secarakesinambungan kontinuitas Selain itu ada pula pakar yang menyatakanbahwa istilah syajarah seperti dikemukakan di awal tidak sama dengan maknasejarah sebagaimana dimaksud dalam ilmu sejarah sebab sejarah tidak hanyadapat dimaknai seperti halnya pohon keluarga asal usul atau silsilah dari kajiansejarah
Jumlah Halaman | 188 |
---|---|
Kategori | Sejarah |
Penerbit | Diandra Kreatif |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-336-895-2 |
eISBN |