Buku yang berjudul Secangkir Kopi Untuk Sang Guru 33 Catatan Reflektif Penuh Inspirasi Untuk Para Pendidik merupakan buku karya Anas Basaruddin Tulisan ini terinpirasi dari filosofi minuman kopi Karakteristik minuman kopi sungguh unik Walaupun rasanya pahit dan beraroma wangi khas kopi namun tidak membuat para pecintanya bosan untuk menikmatinya Bagi yang menyukai rasa manis menambahkan gula atau creamer semakin terasa nikmat Terkadang dari sekedar minum secangkir kopi hangat permasalahan yang ruwet menemukan jalan keluarnya Kesimpulannya kendati memiliki rasa pahit tetapi tetap terasa nikmat dan penuh manfaat Dari filosofi kopi di atas penulis mencoba menyajikan ide pemikiran tentang dunia pendidikan khususnya profesi guru dengan mengambil sudut pandang yang sedikit berbeda tetapi begitu esensial Buku ini ditulis berdasarkan apa yang dirasakan didengar dan dialami penulis sebagai seorang praktisi pendidikan di sekolah Pembaca diajak melakukan refleksi terhadap problem problem yang sering dialami dan muncul sehari hari Dari sini penulis mencoba membangkitkan kesaadaran para pembacanya melalui kegiatan refleksi Terkadang refleksi yang dihasilkan terasa pahit sepahit kopi Buku yang berjudul Secangkir Kopi Untuk Sang Guru 33 Catatan Reflektif Penuh Inspirasi Untuk Para Pendidik merupakan buku karya Anas Basaruddin Tulisan ini terinpirasi dari filosofi minuman kopi Karakteristik minuman kopi sungguh unik Walaupun rasanya pahit dan beraroma wangi khas kopi namun tidak membuat para pecintanya bosan untuk menikmatinya Bagi yang ...menyukai rasa manis menambahkan gula atau creamer semakin terasa nikmat Terkadang dari sekedar minum secangkir kopi hangat permasalahan yang ruwet menemukan jalan keluarnya Kesimpulannya kendati memiliki rasa pahit tetapi tetap terasa nikmat dan penuh manfaat Dari filosofi kopi di atas penulis mencoba menyajikan ide pemikiran tentang dunia pendidikan khususnya profesi guru dengan mengambil sudut pandang yang sedikit berbeda tetapi begitu esensial Buku ini ditulis berdasarkan apa yang dirasakan didengar dan dialami penulis sebagai seorang praktisi pendidikan di sekolah Pembaca diajak melakukan refleksi terhadap problem problem yang sering dialami dan muncul sehari hari Dari sini penulis mencoba membangkitkan kesaadaran para pembacanya melalui kegiatan refleksi Terkadang refleksi yang dihasilkan terasa pahit sepahit kopi