Buku ini hadir dan melengkapi rujukan media pembelajaran sains berbasis android Buku ini berdasarkan riset yang dilakukan peneliti 2017 2021 yang meliputi berbagai teori atau konsep terkini dan selaras dengan paradigma pembelajaran abad 21 Bagian pertama buku ini menjelaskan urgensi pengembangan media pembelajaran berbasis android yang memberi peluang baru dalam proses belajar mengajar Hasil riset menujukkan Ubiquitous learning atau pembelajaran online memberikan lingkungan baru yang menyediakan semua bahan ajar yang lebih mudah diperoleh terutama jika dikaitkan dengan gaya belajar kognitifnya Pembelajaran yang dilakukan di sekolah sekolah masih menggunakan pendekatan single learning style Maka keberadaan media berbasis android dapat memfasilitasi keberagaman kemampuan maupun gaya belajar peserta didik Bagian kedua menjelaskan teori pembelajaran adaptif dapat dilaksanakan dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu pembelajaran Peserta didik masuk ke dalam sebuah platform belajar dengan berbagai cara menonton video membaca informasi dan menjawab pertanyaan tentang apa yang mereka pelajari Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan pengajar dikelola oleh sistem komputer Komputer atau sistem dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan unik setiap peserta didik dalam belajar Bagian ketiga memaparkan setiap peserta didik memiliki keunikan berbeda dalam potensi hidup dan kompetensi Perbedaan ini didasarkan atas faktor genetik dan lingkungannya Kemampuan peserta didik menyerap informasi dan cara memproses informasi sebagai sebuah pengetahuan menjadi beragam Adanya ragam cara tersebut dikenal istilah gaya belajar learning style Identifikasi gaya belajar memudahkan bagi pengajar dan peserta didik sehingga dapat merancang pembelajaran secara lebih efektif Gaya belajar VARK System dikembangkan oleh VARK Flemming yang membagi gaya belajar menjadi visual auditori read kinestetik dan integrasi beberapa gaya belajar menjadi bimodal atau multimodal Bagian keempat memaparkan peluang pelaksanaan pembelajaran adaptif dengan memperhatikan gaya belajar peserta didik dapat di realisasikan dengan menggunakan teknik mobile learning Bagian kelima menjelaskan prosedur pengembangan media belajar IPA Science Adaptive Learning System ScEd ALS mengacu development studies development research Akker 2006 yang meliputi empat tahapan yakni 1 Penelitian pendahuluan preliminary research 2 Tahap prototipe prototyping stage 3 Tahap evaluasi summative summative evaluation 4 Refleksi sistematik dan dokumentasi systematic reflection and documentation Bagian keenam menjelaskan efektifitas penggunaan media ScEd ALS versi android Media yang dikembangkan berkategori baik pada aspek penyajian materi desain pembelajaran dan implementasi dan sangat baik pada kualitas teknis menurut peserta didik Dengan kemungkinannya media berbasis U Learning mampu memberikan konten kepada peserta didik secara tepat dan adaptif Semoga bermanfaat Buku ini hadir dan melengkapi rujukan media pembelajaran sains berbasis android Buku ini berdasarkan riset yang dilakukan peneliti 2017 2021 yang meliputi berbagai teori atau konsep terkini dan selaras dengan paradigma pembelajaran abad 21 Bagian pertama buku ini menjelaskan urgensi pengembangan media pembelajaran berbasis android yang memberi peluang baru dalam proses ...belajar mengajar Hasil riset menujukkan Ubiquitous learning atau pembelajaran online memberikan lingkungan baru yang menyediakan semua bahan ajar yang lebih mudah diperoleh terutama jika dikaitkan dengan gaya belajar kognitifnya Pembelajaran yang dilakukan di sekolah sekolah masih menggunakan pendekatan single learning style Maka keberadaan media berbasis android dapat memfasilitasi keberagaman kemampuan maupun gaya belajar peserta didik Bagian kedua menjelaskan teori pembelajaran adaptif dapat dilaksanakan dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu pembelajaran Peserta didik masuk ke dalam sebuah platform belajar dengan berbagai cara menonton video membaca informasi dan menjawab pertanyaan tentang apa yang mereka pelajari Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan pengajar dikelola oleh sistem komputer Komputer atau sistem dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan unik setiap peserta didik dalam belajar Bagian ketiga memaparkan setiap peserta didik memiliki keunikan berbeda dalam potensi hidup dan kompetensi Perbedaan ini didasarkan atas faktor genetik dan lingkungannya Kemampuan peserta didik menyerap informasi dan cara memproses informasi sebagai sebuah pengetahuan menjadi beragam Adanya ragam cara tersebut dikenal istilah gaya belajar learning style Identifikasi gaya belajar memudahkan bagi pengajar dan peserta didik sehingga dapat merancang pembelajaran secara lebih efektif Gaya belajar VARK System dikembangkan oleh VARK Flemming yang membagi gaya belajar menjadi visual auditori read kinestetik dan integrasi beberapa gaya belajar menjadi bimodal atau multimodal Bagian keempat memaparkan peluang pelaksanaan pembelajaran adaptif dengan memperhatikan gaya belajar peserta didik dapat di realisasikan dengan menggunakan teknik mobile learning Bagian kelima menjelaskan prosedur pengembangan media belajar IPA Science Adaptive Learning System ScEd ALS mengacu development studies development research Akker 2006 yang meliputi empat tahapan yakni 1 Penelitian pendahuluan preliminary research 2 Tahap prototipe prototyping stage 3 Tahap evaluasi summative summative evaluation 4 Refleksi sistematik dan dokumentasi systematic reflection and documentation Bagian keenam menjelaskan efektifitas penggunaan media ScEd ALS versi android Media yang dikembangkan berkategori baik pada aspek penyajian materi desain pembelajaran dan implementasi dan sangat baik pada kualitas teknis menurut peserta didik Dengan kemungkinannya media berbasis U Learning mampu memberikan konten kepada peserta didik secara tepat dan adaptif Semoga bermanfaat