Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pola pembentukan karakter takwa pada remaja di lingkungan sekolah, khususnya di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Banjarmasin. Dalam buku ini, penulis menggambarkan realitas dan tantangan yang dihadapi oleh remaja dalam konteks perilaku menyimpang, terutama berkaitan dengan pornografi dan pornoaksi. Penulis juga menyoroti pentingnya pendidikan karakter berbasis agama dan nilai-nilai keagamaan dalam membentuk generasi yang bertakwa. Buku ini menyajikan studi kasus dan analisis terhadap tiga sekolah best practice yang berhasil menerapkan pola pembentukan karakter takwa secara holistik. Penulis menjelaskan bagaimana visi, misi, dan tujuan takwa diintegrasikan dalam berbagai aspek sekolah, seperti pembelajaran, program kegiatan, tata tertib, dan dukungan lingkungan. Dengan pendekatan integratif dan holistik, buku ini memberikan model implementasi yang dapat diadopsi oleh sekolah lain dalam upaya mewujudkan siswa yang bertakwa. Selain itu, buku ini juga menguraikan kekuatan dan kelemahan dalam penerapan pendidikan karakter takwa di sekolah, serta berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi. Penulis berharap buku ini menjadi khazanah bermanfaat dalam upaya membentuk generasi muda yang berakhlak, beriman, dan beradab.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pola pembentukan karakter takwa pada remaja di lingkungan sekolah, khususnya di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Banjarmasin. Dalam buku ini, penulis menggambarkan realitas dan tantangan yang dihadapi oleh remaja dalam konteks perilaku menyimpang, terutama berkaitan dengan pornografi dan pornoaksi. Penulis juga menyoroti pentingnya pendidikan karakter berbasis agama dan nilai-nilai keagamaan dalam membentuk generasi yang bertakwa. Buku ini menyajikan studi kasus dan analisis terhadap tiga sekolah best practice yang berhasil menerapkan pola pembentukan karakter takwa secara holistik. Penulis menjelaskan bagaimana visi, misi, dan tujuan takwa diintegrasikan dalam berbagai aspek sekolah, seperti pembelajaran, program kegiatan, tata tertib, dan dukungan lingkungan. Dengan pendekatan integratif dan holistik, buku ini memberikan model implementasi yang dapat diadopsi oleh sekolah lain dalam upaya mewujudkan siswa yang bertakwa. Selain itu, buku ini juga menguraikan kekuatan dan kelemahan dalam penerapan pendidikan karakter takwa di sekolah, serta berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi. Penulis berharap buku ini menjadi khazanah bermanfaat dalam upaya membentuk generasi muda yang berakhlak, beriman, dan beradab.
Jumlah Halaman | 104 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-039-5 |
eISBN |