Membicarakan mengenai ketidakadilan di dalam ruang pendidikan berarti menempatkan diri dalam sebuah tepian atau margin Marginalitas merupakan hidup dan berpikir dalam sebuah tepian Dengan menempatkan diri pda tepian seseorang akan mempertanyakan kehidupan normatif yang biasanya terjadi Secara normatif sekolah dipahami sebagai sebuah ruang bertemu yang penuh harapan dan impian Pada kenyataannya yang terjadi tidak melulu sedemikian muluknya Sebagai ruang yang hingga hari ini menjanjikan sekolah juga dimaknai secara berbeda oleh orang orang yang sempat dan pernah hidup di dalamnya Pemaknaan terjadi ketika seseorang berhasil menepikan dirinya dan kembali melihat pengalamannya dengan teliti Membicarakan mengenai ketidakadilan di dalam ruang pendidikan berarti menempatkan diri dalam sebuah tepian atau margin Marginalitas merupakan hidup dan berpikir dalam sebuah tepian Dengan menempatkan diri pda tepian seseorang akan mempertanyakan kehidupan normatif yang biasanya terjadi Secara normatif sekolah dipahami sebagai sebuah ruang bertemu yang penuh harapan dan impian Pada kenyataannya ...yang terjadi tidak melulu sedemikian muluknya Sebagai ruang yang hingga hari ini menjanjikan sekolah juga dimaknai secara berbeda oleh orang orang yang sempat dan pernah hidup di dalamnya Pemaknaan terjadi ketika seseorang berhasil menepikan dirinya dan kembali melihat pengalamannya dengan teliti