Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pendidikan yang berorientasi pada keutuhan dan kebahagiaan manusia, dengan pendekatan yang menekankan pentingnya pengembangan diri secara individual. Buku ini menjelaskan bahwa setiap anak memiliki takdir dan potensi unik yang perlu dikembangkan melalui pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Konsep "Satu Anak Satu Kurikulum" diusung sebagai pendekatan pendidikan yang menekankan kemandirian, pilihan, dan pertanggungjawaban individu dalam proses belajar. Buku ini juga menjelaskan peran guru sebagai sahabat dan pendamping dalam proses belajar, serta memperkenalkan metode pendekatan yang mendukung pembelajaran kreatif dan berbasis observasi. Selain itu, buku ini menyajikan pandangan tentang pendidikan yang berorientasi pada realitas sosial, sejarah, dan keagamaan, serta menekankan pentingnya integrasi antara pendidikan formal, nonformal, dan informal dalam menciptakan pendidikan yang holistik dan berkelanjutan. Dalam buku ini, penulis juga mengupas peran kurikulum dalam pembentukan karakter dan visi pendidikan, serta menawarkan alternatif kurikulum yang lebih deksentralisasi, otonom, dan berbasis karakter. Buku ini menjadi panduan bagi pendidik, guru, dan orang tua dalam merancang dan menerapkan pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan dan potensi setiap anak secara optimal.
Dunia pendidikan dewasa ini tereduksi menjadi dunia sekolah sistemnya menjadi system persekolahan Itu pun menjadi kegiatan belajar di kelas Tetapi Pendidikan formal di sekolah telah mendominasi klaim Pendidikan dan kesuksesan hidup murid Pendidkan yang masih memandang kelas sebagai kumpulan murid murid Interaksi antara guru dengan sekumpulan murid murid di kelas Padahal setiap murid adalah berbeda unik dan special Bahkan Murid selalu berbeda dari waktu ke waktu
Jumlah Halaman | 198 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-497-141-5 |
eISBN | 978-623-497-384-6 |