Logo Bacabuku
Sarung Goyor sebagai Melek Sumber Belajar IPS

Sarung Goyor sebagai Melek Sumber Belajar IPS

Emy Lestari
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan tentang kerajinan tenun goyor sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sarung tenun goyor, yang terbuat dari bahan alami dan dihiasi motif yang menggambarkan budaya dan khazanah daerah, menjadi media pembelajaran yang kaya akan nilai-nilai lokal dan tradisi. Buku ini dirancang untuk memperluas cakrawala keilmuan pendidik dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang relevan dan kontekstual. Dalam buku ini, pembaca akan memahami proses penenunan yang dilakukan secara tradisional, keterampilan yang dibutuhkan, serta nilai seni dan estetika yang terkandung dalam kain sarung tenun goyor. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran sarung tenun goyor dalam kehidupan sehari-hari, seperti kemampuannya untuk beradaptasi dengan cuaca dan keunggulan kualitasnya dibandingkan dengan sarung buatan pabrik. Buku ini juga menyajikan informasi tentang tantangan yang dihadapi pengrajin, seperti minimnya tenaga kerja dan kurangnya minat generasi muda untuk belajar menenun. Dengan memanfaatkan sarung tenun goyor sebagai sumber belajar, buku ini mengajak para pendidik untuk mengintegrasikan pembelajaran IPS ke dalam lingkungan sekitar, sehingga pembelajaran menjadi lebih hidup, relevan, dan berbasis pengalaman.

Sinopsis ebook

Buku ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada guru yang belum memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran yang optimal sehingga peserta didik banyak yang tidak mengenal lingkungan sekitar dan kurang memiliki kepedulian terhadap lingkungannya Kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis masih sangat terbatas sehingga hasil belajar yang diperoleh belum maksimal dan belum mendapatkan pembelajaran IPS yang meaningfull learning bermakana Meluasnya penggunaan buku teks pelajaran adalah bukan hanya permasalahan utama dari pembelajaran IPS Pengetahuan peserta didik terhadap kerajinan Sarung Goyor yang keberadaanya dekat dengan sekolah mereka belum diketahui dengan baik oleh para peserta didik Hal ini dikarenakan guru belum mengkaitkan sumber belajar ini pada materi dikelasnya Padahal sumber belajar ini sangat menarik peserta didik untuk dapat lebih mengenali lingkungan sosial disekitar kehidupan mereka Dengan menggunakan sumber belajar kerajinan Sarung Tenun Goyor ini peserta didik dapat mengembangkan tentang persepsi mereka bahwa dengan hidup dan bekerja di desa sebagai petani sekaligus bekerja atau menjadi pengrajin sarung Tenun Goyor sudah dapat hidup layak dan tidak perlu untuk melakukan urbanisasi Sumber belajar IPS tidak dapat hanya terbatas dari buku pelajaran sudah saatnya pendidikan untuk membekali generasi abad 21 pemanfaatan sumber belajar lingkungan sekitar sudah menjadi keawajiban bagi semua guru IPS Kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran yang menarik dapat terbantu dengan memakai sumber belajar kontekstual salah satunya adalah kerajinan Sarung Goyor yang menjadi potensi daerah Sukoharjo khususnya kecamatan Tawangsari Mari mulai berbenah denga melirik potensi daerah supaya semakin di kenal dunia dan guru mampu melakukan hal ini melalui memanfaatkannya sebagai sumber belajar

Detail Buku

Jumlah Halaman 90
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-468-440-2
eISBN
Sarung Goyor sebagai Melek Sumber Belajar IPS

Sarung Goyor sebagai Melek Sumber Belajar IPS

Emy Lestari