Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya pendidikan Alquran dalam memperkuat ketahanan rohani generasi muda, khususnya siswa SMP dan SMA. Dalam konteks yang semakin dinamis dan kompleks, pendidikan Alquran menjadi sarana penting dalam membangun karakter dan nilai-nilai Islam yang kuat. Buku ini menjelaskan peran lembaga pendidikan formal dalam pengembangan kemampuan membaca Alquran, yang merupakan fondasi awal dalam memahami dan mengamalkan ajaran Alquran. Selain itu, buku ini juga membahas metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) sebagai pendekatan inovatif dalam proses belajar mengajar Alquran. Metode ini dirancang untuk meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan keterlibatan siswa dalam belajar Alquran. Buku ini menjelaskan konsep, tujuan, kelebihan, serta langkah-langkah pelaksanaan metode tutor sebaya, yang bertujuan untuk memasyarakatkan Alquran dan memperdalam makna serta kandungan kitab suci tersebut. Dengan pendekatan yang praktis dan teoretis, buku ini menjadi panduan bagi guru, tutor, dan lembaga pendidikan dalam menerapkan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Alquran di tingkat SMP dan SMA.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya pendidikan Alquran dalam memperkuat ketahanan rohani generasi muda, khususnya siswa SMP dan SMA. Dalam konteks yang semakin dinamis dan kompleks, pendidikan Alquran menjadi sarana penting dalam membangun karakter dan nilai-nilai Islam yang kuat. Buku ini menjelaskan peran lembaga pendidikan formal dalam pengembangan kemampuan membaca Alquran, yang merupakan fondasi awal dalam memahami dan mengamalkan ajaran Alquran. Selain itu, buku ini juga membahas metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) sebagai pendekatan inovatif dalam proses belajar mengajar Alquran. Metode ini dirancang untuk meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan keterlibatan siswa dalam belajar Alquran. Buku ini menjelaskan konsep, tujuan, kelebihan, serta langkah-langkah pelaksanaan metode tutor sebaya, yang bertujuan untuk memasyarakatkan Alquran dan memperdalam makna serta kandungan kitab suci tersebut. Dengan pendekatan yang praktis dan teoretis, buku ini menjadi panduan bagi guru, tutor, dan lembaga pendidikan dalam menerapkan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Alquran di tingkat SMP dan SMA.
Jumlah Halaman | 102 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-507-9 |
eISBN |