Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep resepsi sastra sebagai pendekatan alternatif dalam pengajaran sastra yang berusaha menggeser fokus kajian dari teks ke pembaca. Dalam konteks pendidikan, resepsi sastra menawarkan perspektif baru dengan menempatkan pembaca sebagai pemberi makna dalam karya sastra. Pendekatan ini menekankan pentingnya memahami dinamika sosial dan psikologis pembaca dalam menilai dan merespons karya sastra, terutama dalam konteks penilaian cerpen Indonesia modern oleh pelajar. Buku ini berisi studi kasus yang diambil dari pelajar di SMA Muhammadiyah II Yogyakarta, di mana pendekatan resepsi sastra diterapkan secara nyata untuk menganalisis proses penilaian cerpen modern oleh siswa. Dengan pendekatan ini, buku ini berupaya menggali makna yang dihasilkan oleh pembaca dalam konteks sosial dan budaya yang relevan, serta mencerminkan bagaimana karya sastra dapat tetap relevan dan bermakna dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga menjelaskan sejarah kemunculan konsep resepsi sastra, komponen-komponen utama dalam proses resepsi, serta peran dan tantangan pendekatan ini dalam pendidikan sastra. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang relevan bagi para pendidik, peneliti, dan pelajar yang tertarik memahami dan menerapkan pendekatan resepsi sastra dalam konteks pendidikan.
Buku berjudul Resepsi Sastra dan Aplikasinya Studi Kasus Penilaian Cerpen Indonesia Modern di Mata Pelajar ini adalah salah satu bagian dari aplikasi pendekatan resepsi sastra Mengambil studi kasus pada pelajar di SMA Muhammadiyah II Yogyakarta penulis berhasil mengaplikasikan pendekatan resepsi sastra dengan baik Pendekatan resepsi sastra yang mempertimbangkan aspek pembaca betul betul dapat dilihat dalam buku ini Sehingga bagi para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana pendekatan resepsi sastra diaplikasikan buku ini adalah jawabannya
Jumlah Halaman | 98 |
---|---|
Kategori | Bahasa Dan Sastra |
Penerbit | Samudra Biru |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-261-197-9 |
eISBN | proses |