Sinopsis Buku: Buku ini membahas reorientasi model pendidikan Islam klasik di Indonesia, khususnya melalui studi terhadap lembaga pendidikan yang dikenal sebagai *Kuttab Al-Fatih*. Dalam konteks yang semakin dinamis dan modern, pendidikan Islam klasik yang selama ini menjadi fondasi dalam pengembangan karakter dan pemahaman agama perlu diakui dan diperbarui agar tetap relevan dengan tuntutan masa kini. Buku ini menggali kembali nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam sistem pendidikan klasik, sekaligus mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam memodernisasinya tanpa menghilangkan esensi ajaran Islam yang mendasar. Buku ini juga mengacu pada tujuan pendidikan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas), yang menekankan pentingnya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, khususnya dalam aspek keimanan, budi pekerti, pengetahuan, kesehatan, dan tanggung jawab sosial. Dengan demikian, reorientasi pendidikan Islam klasik tidak hanya menjadi upaya untuk memenuhi standar pendidikan nasional, tetapi juga untuk menjawab tantangan zaman dalam membentuk generasi yang beriman, berakhlak, dan berwawasan luas. Studi terhadap *Kuttab Al-Fatih* menjadi contoh nyata bagaimana model pendidikan Islam klasik dapat diadaptasi dalam konteks pendidikan modern, sambil tetap mempertahankan nilai-nilai inti yang terkandung dalam ajaran Islam. Buku ini diharapkan menjadi referensi bagi para pelaku pendidikan, peneliti, dan pihak-pihak yang peduli terhadap pengembangan pendidikan Islam di Indonesia.
Reorientasi Model Pendidikan Islam Klasik Di Indonesia Pendahuluan Dunia pendidikan Indonesia mendapat sorotan yang tajam dari berbagai kalangan terkait dengan beberapa masalah yang muncul seperti perubahan kurikulum pro kontra ujian nasional tawuran pelajar kasus pelecehan siswa oleh oknum guru mahalnya biaya pendidikan dan lain sebagainya Hal ini membuat pendidikan nasional kehilangan kepercayaan dari sebagian masyarakat Padahal pendidikan merupakan pintu gerbang kemajuan sebuah bangsa dimana bangsa yang besar adalah bangsa yang mempersiapkan generasi mudanya sedini mungkin Kurikulum pendidikan di Indonesia telah berulangkali mengalami perubahan Sejak Indonesia merdeka telah terjadi perubahan kurikulum sebanyak 10 kali 1947 1952 1964 1968 1975 1984 1994 2004 2006 2013 Kurikulum adalah perangkat rencana pendidikan yang disusun berdasarkan kebutuhan dan tuntutan jaman sehingga perubahan kurikulum adalah konsekwensi logis yang harus terjadi Namun demikian perubahan kurikulum yang terlalu sering dan dalam kurun waktu yang singkat juga berdampak kurang baik 1
Jumlah Halaman | 77 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Lontar Mediatama |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5482-68-7 |
eISBN |