Sinopsis Buku Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Abad 21 Buku ini merupakan kumpulan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan oleh peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. RPP ini dirancang secara kontekstual, berbasis karakteristik wilayah dan peserta didik di masing-masing sekolah, serta sesuai dengan tuntutan pendidikan abad 21. Buku ini menampilkan berbagai bentuk rencana pembelajaran yang inovatif, berbasis siswa aktif (Student Center Learning), dan berorientasi pada pengembangan keterampilan abad 21. Dalam buku ini, penulis menjelaskan pentingnya pendidikan yang tidak hanya menekankan pada pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan karakter, komunikasi, dan kemampuan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dengan pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge), guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan efektif, sehingga peserta didik lebih aktif, kreatif, dan mampu beradaptasi dengan dinamika dunia modern. Selain itu, buku ini juga menggambarkan peran penting guru dalam memastikan proses pembelajaran yang berkarakter, berorientasi pada pengembangan keterampilan abad 21, serta mampu menjembatani antara peserta didik, masyarakat, dan lingkungan. Buku ini diharapkan menjadi referensi dan inspirasi bagi para guru dalam menyusun RPP yang relevan dan inovatif sesuai dengan konteks pembelajaran di tempat mereka mengajar.
Buku Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Abad 21 ini merupakan kumpulan rancangan saat pembuatan rencana pelaksanaan praktik pembelajaran ke 1 peserta Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan masing masing rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh pese
Jumlah Halaman | 132 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Cipta Prima nusantara |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6940-80-8 |
eISBN | proses |