Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan penerapan *Reflective Learning* dalam pembelajaran *Pendidikan Agama Islam* (PAI) di lingkungan sekolah. *Reflective Learning* merupakan pendekatan belajar yang menekankan pentingnya refleksi sebagai bagian kunci dalam proses belajar. Dalam konteks PAI, refleksi tidak hanya membantu siswa memahami materi yang diajarkan, tetapi juga memfasilitasi perubahan tingkah laku dan peningkatan akhlak, yang merupakan tujuan utama dari pendidikan agama Islam. Buku ini terdiri dari enam bagian utama, yaitu: (1) Memahami *Reflective Learning*, (2) Belajar *Reflective Learning*, (3) Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (4) Pendidikan Agama Islam, (5) Profil Sekolah Pelaksana *Reflective Learning*, dan (6) Penutup. Di dalamnya disampaikan pengertian, tujuan, peran, dan kondisi yang mempengaruhi refleksi dalam belajar. Selain itu, buku ini juga menjelaskan hakikat, tujuan, fungsi, dan kualitas pembelajaran PAI, serta bagaimana refleksi dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan daya tarik pembelajaran. Dengan pendekatan yang religius dan berbasis nilai-nilai Islam, buku ini memberikan panduan praktis bagi guru dan siswa dalam mengembangkan pembelajaran PAI yang lebih bermakna, berkelanjutan, dan mampu membentuk karakter peserta didik secara holistik. Buku ini sangat relevan bagi pendidik, pelaku pembelajaran, dan pembaca yang tertarik pada pendekatan pembelajaran reflektif dalam konteks pendidikan agama Islam.
Buku ini menjelaskan bagimana menggunakan reflective learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Memuat enam bagian yaitu bagian pertama memahami reflective learning Selanjutnya bagian kedua akan belajar mengenai reflective learning baik dari pengertian tujuan dan peran refleksi dalam belajar serta kondisi kondisi yang mempengaruhi refleksi Pada bagian ketiga menjelaskan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada bagian ini akan membahas efektivitas efisiensi daya tarik dan indikator kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Jumlah Halaman | 76 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-302-0 |
eISBN | proses |