Sinopsis Buku: Buku ini membahas peran guru dalam proses pembelajaran bagi pendamping anak berkebutuhan khusus, dengan pendekatan teori peran yang menjadi inti analisis dalam riset penulis. Penulis menjelaskan bahwa proses internalisasi dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus memerlukan pendampingan, nasihat, arahan, dan tuntunan yang berkelanjutan agar anak dapat mengalami perubahan sikap, pola pikir, dan cara bertindak yang produktif di lingkungan sekitarnya. Guru, dalam konteks ini, memiliki peran penting sebagai pendidik (nurturer), pendukung (supporter), pengawas dan pembina (supervisor), serta pelaku pendisiplinan yang mendorong peserta didik untuk patuh terhadap aturan sekolah, norma keluarga, dan norma masyarakat. Dalam menjalankan tugas-tugas tersebut, guru perlu memiliki kesetiaan terhadap panggilan pengabdiannya, tulus dalam melayani, serta komitmen untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Buku ini juga menekankan pentingnya suasana yang kondusif dan dukungan eksternal agar anak berkebutuhan khusus dapat beraktualisasi secara optimal. Penulis mengajak para pendamping dan guru untuk menyimak analisis dan uraian mendalam yang disajikan, agar dapat memperkaya pemahaman dan praktik dalam membimbing anak berkebutuhan khusus dalam lingkungan sosial yang lebih luas. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, guru, dan pihak terkait yang ingin memperdalam peran dan tanggung jawab dalam mendukung pembelajaran dan perkembangan anak berkebutuhan khusus.
Buku ini menjelaskan peran guru sebagai pembimbing bagi anak berkebutuhan khusus dilihat dari sisi penguasaan terhadap materi pembelajaran yang membutuhkan metoda metoda khusus guna membantu respons dan daya tanggapnya Serta sebagai motivator dan guru juga sebagai evaluator Dengan posisi ini penulis ingin menunjukkan bahwa dengan mengoptimalkan peran guru dalam proses pembelajaran untuk pendamping anak berkebutuhan khusus akan berlangsung proses transformasi ilmu pengetahuan dengan cukup signifikan