Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, tantangan, dan strategi dalam pengelolaan *supply chain* (rantai pasok) dalam konteks bisnis modern. Dalam bab pertama, buku ini menjelaskan pengertian dan pentingnya *supply chain* sebagai proses yang melibatkan seluruh tahapan dari bahan baku hingga produk akhir. Bab kedua membahas peran teknologi informasi dalam manajemen rantai pasok, termasuk pendekatan teknis dan manajerial serta istilah seperti *e-Supply Chain Management* dan *e-Customer Relationship Management*. Bab ketiga mengupas tantangan yang dihadapi dalam manajemen rantai pasok, terutama dalam sektor pertanian di Indonesia, termasuk permasalahan yang muncul dalam setiap tahapan rantai pasok. Bab keempat fokus pada konsep *lead time* dan pentingnya pengelolaan waktu dalam proses pengadaan barang, serta kesenjangan yang mungkin terjadi antara *lead time* dengan tujuan utama manajemen rantai pasok. Bab kelima membahas pentingnya kemitraan dalam pengelolaan rantai pasok, termasuk prinsip-prinsip kemitraan dan tantangan internal yang mungkin muncul. Selain itu, buku ini juga menyajikan analisis risiko pada setiap tingkatan rantai pasok jagung, mulai dari petani, pengumpul, distributor, agroindustry hingga konsumen, serta risiko yang muncul secara keseluruhan dalam rantai pasok tersebut. Buku ini merupakan sumber referensi yang komprehensif untuk memahami dinamika dan kompleksitas manajemen rantai pasok dalam konteks bisnis dan pertanian, serta bagaimana teknologi informasi dapat menjadi solusi dalam menghadapi tantangan tersebut.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, tantangan, dan strategi dalam pengelolaan *supply chain* (rantai pasok) dalam konteks bisnis modern. Dalam bab pertama, buku ini menjelaskan pengertian dan pentingnya *supply chain* sebagai proses yang melibatkan seluruh tahapan dari bahan baku hingga produk akhir. Bab kedua membahas peran teknologi informasi dalam manajemen rantai pasok, termasuk pendekatan teknis dan manajerial serta istilah seperti *e-Supply Chain Management* dan *e-Customer Relationship Management*. Bab ketiga mengupas tantangan yang dihadapi dalam manajemen rantai pasok, terutama dalam sektor pertanian di Indonesia, termasuk permasalahan yang muncul dalam setiap tahapan rantai pasok. Bab keempat fokus pada konsep *lead time* dan pentingnya pengelolaan waktu dalam proses pengadaan barang, serta kesenjangan yang mungkin terjadi antara *lead time* dengan tujuan utama manajemen rantai pasok. Bab kelima membahas pentingnya kemitraan dalam pengelolaan rantai pasok, termasuk prinsip-prinsip kemitraan dan tantangan internal yang mungkin muncul. Selain itu, buku ini juga menyajikan analisis risiko pada setiap tingkatan rantai pasok jagung, mulai dari petani, pengumpul, distributor, agroindustry hingga konsumen, serta risiko yang muncul secara keseluruhan dalam rantai pasok tersebut. Buku ini merupakan sumber referensi yang komprehensif untuk memahami dinamika dan kompleksitas manajemen rantai pasok dalam konteks bisnis dan pertanian, serta bagaimana teknologi informasi dapat menjadi solusi dalam menghadapi tantangan tersebut.
Jumlah Halaman | 80 |
---|---|
Kategori | Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kelautan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-602-462-617-4 |
eISBN |