Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan prinsip dasar dalam merancang pembelajaran yang efektif dan berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan. Penulis, Drs. Ramly Maha, menjelaskan peran penting guru dalam proses pendidikan, khususnya sebagai pengajar dan pendidik yang bertugas menumbuhkan potensi peserta didik secara optimal serta membimbing mereka menjadi manusia yang berbudi luhur, kreatif, mandiri, dan cakap. Dalam buku ini, disampaikan bahwa keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada kompetensi dan kemampuan profesional seorang guru, yang merupakan sentral dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai aspek penting dalam desain instruksional, termasuk metode pembelajaran, strategi pengajaran, dan peran psikologi dalam proses pendidikan. Penulis menjelaskan bahwa desain instruksional tidak hanya berupa struktur pembelajaran, tetapi juga melibatkan pemahaman tentang psikologi peserta didik, logika pembelajaran, serta kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang relevan dan efektif. Buku ini menjadi referensi penting bagi calon guru, praktisi pendidikan, serta mahasiswa yang mempelajari bidang kependidikan dan psikologi.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan prinsip dasar dalam merancang pembelajaran yang efektif dan berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan. Penulis, Drs. Ramly Maha, menjelaskan peran penting guru dalam proses pendidikan, khususnya sebagai pengajar dan pendidik yang bertugas menumbuhkan potensi peserta didik secara optimal serta membimbing mereka menjadi manusia yang berbudi luhur, kreatif, mandiri, dan cakap. Dalam buku ini, disampaikan bahwa keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada kompetensi dan kemampuan profesional seorang guru, yang merupakan sentral dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai aspek penting dalam desain instruksional, termasuk metode pembelajaran, strategi pengajaran, dan peran psikologi dalam proses pendidikan. Penulis menjelaskan bahwa desain instruksional tidak hanya berupa struktur pembelajaran, tetapi juga melibatkan pemahaman tentang psikologi peserta didik, logika pembelajaran, serta kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang relevan dan efektif. Buku ini menjadi referensi penting bagi calon guru, praktisi pendidikan, serta mahasiswa yang mempelajari bidang kependidikan dan psikologi.
Jumlah Halaman | 194 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PeNA |
Tahun Terbit | 2007 |
ISBN | 978-979-1016-16-2 |
eISBN | 978-602-5820-21-2 |