Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai ragam tulis dan desain pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar di tingkat Sekolah Dasar (SD). Buku ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah *Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar*. Buku ini memperkenalkan konsep-konsep dasar tentang pembelajaran, seperti definisi pembelajaran menurut para ahli seperti Dimyati dan Mudjiono, Arifin, serta Sudjana. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya desain pembelajaran dalam proses belajar mengajar, meliputi tujuan desain pembelajaran, karakteristiknya, serta elemen-elemen dasar kegiatan pembelajaran berdasarkan pendekatan Ralph Tyler. Buku ini juga menjelaskan bahwa desain pembelajaran merupakan proses yang terdiri dari beberapa subproses, dan bahwa desain pembelajaran tidak hanya bertujuan untuk mengajar, tetapi lebih pada membentuk proses belajar yang aktif dan interaktif. Dalam buku ini, dianalisis bahwa desain pembelajaran adalah proses yang berulang, terstruktur, dan mempertimbangkan berbagai variabel yang memengaruhi proses belajar siswa. Selain itu, buku ini juga menyebutkan bahwa desain pembelajaran dapat diterapkan dalam berbagai tingkatan dan jenis pembelajaran, dengan berbagai pendekatan dan metode yang sesuai dengan kondisi dan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Buku ini juga menjelaskan beberapa elemen dasar kegiatan pembelajaran, yang meliputi: (1) mengidentifikasi tujuan pendidikan, (2) memilih pengalaman belajar yang relevan, (3) mengorganisasikan pengalaman belajar secara sistematis, dan (4) mengevaluasi pengalaman belajar tersebut. Selain itu, buku ini juga menyebutkan beberapa jenis media dan alat pembelajaran yang dapat digunakan dalam desain pembelajaran, seperti multimedia dan perangkat komputer. Dengan demikian, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para guru, calon guru, dan pembelajar yang ingin memahami konsep dasar dan praktek desain pembelajaran dalam konteks pembelajaran di Sekolah Dasar.
p Guru dalam mengajar tidak hanya menitik beratkan kepada materi yang diajarkan melainkan mereka juga harus memiliki inovasi agar siswa didik mudah memahami apa yang diajarkan Oleh karena itu dalam buku ldquo Ragam Tulis Desain Pembelajaran SD rdquo membahas model model dan strategi dalam menyusun desain pembelajaran yang baik dan benar p
Jumlah Halaman | 176 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-247-814-5 |
eISBN | 978-623-247-815-2 |