Logo Bacabuku
Public Relations, Issue & Crisis ManagementPendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis & Kualitatif

Public Relations, Issue & Crisis ManagementPendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis & Kualitatif

Rachmat Kriyanto, Ph.D.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan referensi utama dalam bidang Ilmu Public Relations yang menawarkan pendekatan kritis untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam praktik Public Relations, khususnya dalam konteks manajemen isu dan krisis. Buku ini mengupas secara mendalam pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis, dan pendekatan kualitatif sebagai alat untuk memahami dinamika kompleks dalam komunikasi krisis, terutama dalam konteks internasional, khususnya Asia. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa pendekatan objektif yang dominan dalam studi Public Relations sering kali mengabaikan aspek ideologis, ekonomis, dan politik yang terlibat dalam praktik komunikasi publik. Sebaliknya, pendekatan kritis menekankan pentingnya memahami realitas sosial, emosi, dan konteks budaya dalam merancang strategi komunikasi yang efektif dan etis. Selain itu, buku ini juga membahas peran riset dalam proses Public Relations, sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program komunikasi. Penulis menyoroti bahwa meskipun RACE (Research, Action Plan, Communication, and Evaluation) merupakan formula yang populer, penerapannya masih terbatas di lapangan. Buku ini juga menyoroti pentingnya pendekatan etnografi kritis dalam memahami realitas sosial dan emosional para pelaku, terutama dalam konteks krisis, serta peran media dalam memperkuat atau mem marginalisasi suara para pihak yang terkena dampak. Dengan pendekatan yang komprehensif dan kritis, buku ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan studi dan praktik Public Relations di era yang semakin kompleks.

Sinopsis ebook

Buku ini merupakan referensi untuk kajian Ilmu Public Relations yang menawarkan solusi penerapan pendekatan kritis bagi pemecahan permasalahan Public relations antara lain melalui riset Dalam proses Public relations riset memungkinkan praktisi Public relations menjalankan tugasnya secara efektif antara lain karena riset dilakukan sebagai dasar membuat perencanaan program Praktisi Public relations dituntut mengumpulkan fakta fakta untuk digunakan sebagai pertimbangan memulai aktivitasnya Selanjutnya public relations dapat melakukan riset untuk memonitor program program yang sedang berlangsung dan untuk mengevaluasi apakah sudah diimplementasikan dengan baik atau tidak Salah satu formula yang populer dalam bidang Public relations yaitu RACE singkatan dari Research Action Plan Communication and Evaluation Meski demikian saya menemukan di lapangan bahwa aplikasi riset masih jarang dilakukan oleh Public relations saat ini

Detail Buku

Jumlah Halaman 428
Kategori Sosial
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2015
ISBN 978-602-9413-67-0
eISBN 978-602-422-439-4
Public Relations, Issue & Crisis ManagementPendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis & Kualitatif

Public Relations, Issue & Crisis ManagementPendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis & Kualitatif

Rachmat Kriyanto, Ph.D.