Logo Bacabuku
Psikologi Perkembangan Peserta Didik

Psikologi Perkembangan Peserta Didik

Gusman Lesmana, S.Pd, M.Pd
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang psikologi perkembangan peserta didik, yang merupakan studi tentang perubahan psikologis yang terjadi pada individu sepanjang masa perkembangan hidupnya, khususnya dalam konteks pendidikan. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan bagi calon pendidik, terutama di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dalam memahami dan merespons berbagai tahapan perkembangan peserta didik. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu Pendahuluan, Pengertian Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Tujuan dan Manfaat Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Hakikat Perkembangan Peserta Didik, serta Fase-fase Perkembangan Peserta Didik. Setiap bagian dirancang untuk memberikan wawasan mendalam tentang konsep-konsep psikologis yang mendukung pemahaman tentang dinamika perkembangan peserta didik dalam berbagai aspek, seperti emosi, kognisi, sosial, dan moral. Selain itu, buku ini juga menyediakan panduan praktis bagi calon pendidik dalam merancang pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, sehingga dapat memfasilitasi proses pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dengan memahami perkembangan peserta didik, pendidik diharapkan dapat berperan sebagai sosok yang mampu menghidupkan nilai-nilai pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Buku ini dilengkapi dengan referensi yang relevan dan disusun secara terstruktur untuk memudahkan pemahaman dan penggunaan oleh pembaca. Dengan demikian, buku ini diharapkan menjadi landasan pemikiran dan dasar tindakan bagi para pendidik dalam menjalankan tugasnya secara profesional dan berkelanjutan.

Sinopsis ebook

B Memori 171 C Atensi 179 BAB I BAB IX PERKEMBANGAN KETERAMPILAN KOGNITIF 183 A Metakognitif 183 B Strategi Kognitif 192 C Gaya Kognitif 205 D Pemikiran Kritis 218 KEPUSTAKAAN 237 TENTANG PENULIS 241 KONSEP DASAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK A PENDAHULUAN Diawali dari suatu pengalaman ketika seorang individu memutuskan untuk masuk sekolah pendidikan guru baca PGA yang tergambar dalam benak penulis pada waktu itu adalah menjadi guru itu gampang Beban kerja tidak banyak Paling paling kerja kita hanya menghafalkan materi pelajaran yang akan diajarkan kepada murid dan sesekali memeriksa PR atau hasil ujian anak anak Waktu yang tersita untuk melakoni pekerjaan juga tidak begitu lama ya paling paling 6 jam setiap harinya Itu pun banyak waktu istirahatnya Kalau anak anak liburan guru juga ikut libur Namun setelah beberapa bulan menjalani pendidikan di bangku sekolah guru tersebut Penulis baru sadar ternyata menjadi guru bukanlah semudah yang Penulis bayangkan selama ini Menjadi guru ternyata pekerjaan yang teramat sulit rumit dan butuh viii viii Psikologi Perkembangan Peserta Didik 1 Psikologi Perkembangan Peserta Didik 1

Detail Buku

Jumlah Halaman 242
Kategori Psikologi
Penerbit UMSU Press
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-688-856-8
eISBN 978-623-688-857-5
Psikologi Perkembangan Peserta Didik

Psikologi Perkembangan Peserta Didik

Gusman Lesmana, S.Pd, M.Pd