Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang psikologi perkembangan anak usia dini, yang merupakan bagian penting dari studi pendidikan anak. Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep, ruang lingkup, sejarah, serta studi modern mengenai perkembangan anak usia dini. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai teori perkembangan anak usia dini dalam perspektif psikologi barat, serta memperkenalkan pandangan Islam tentang perkembangan anak melalui Al-Qur’an dan Hadis. Buku ini juga mengupas secara mendalam perkembangan fisik anak usia dini, termasuk pertumbuhan badan, otak, dan kemampuan motorik kasar serta halus. Penulis menjelaskan bahwa pemahaman tentang perkembangan anak usia dini adalah komponen penting dalam kompetensi pedagogik seorang guru, karena pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak akan menghasilkan proses belajar yang optimal. Buku ini ditulis sebagai bahan bacaan awal bagi mahasiswa yang ingin mempelajari perkembangan anak usia dini, serta memberikan dasar pengetahuan yang esensial bagi para calon guru PAUD. Dengan membaca buku ini, pembaca diharapkan mampu memahami berbagai aspek perkembangan anak usia dini dan menerapkannya dalam praktik pendidikan.
Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini merupakan su atu komponen penting yang harus diketahui seorang guru PAUD Pemahaman guru yang benar terhadap perkembangan anak usia dini akan menuntun guru membuat desain pembelajaran yang cocok dengan perkembangan anak Pembelajaran berbasis perkembangan anak akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal Pembelajaran yang tidak memperhatikan perkembangan anak akan membuat anak bosan atau frustrasi Jika anak bosan dan frustrasi para gurujuga akan tertular rasa bosan dan frustrasi juga ketika mengajar Dasar pikir ini yang menjadikan pengetahuan tentang perkembangan anak usia dini merupakan salah satu komponen dari kompetensi pedagogik seorang guru