Sinopsis Buku: Buku *Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini* ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi orang tua, pendidik, dan praktisi pendidikan anak dalam memahami serta mendidik anak usia dini. Buku ini membahas secara mendalam lima aspek utama perkembangan anak usia dini, yaitu: perkembangan fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosi, dan moral-agama. Setiap bab menjelaskan hakikat, tingkat pencapaian, problematika, serta cara optimalisasi perkembangan pada aspek tersebut. Selain itu, buku ini juga membahas paradigma dasar psikologi perkembangan anak usia dini, prinsip dan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan anak, serta urgensi dan prinsip penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat untuk memperkaya pemahaman dan meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pendidikan usia dini.
Para ahli pendidikan anak memandang usia dini merupakan masa emas the golden age yang hanya datang sekali dan tidak dapat diulang Anak usia dini berada dalam masa keemasan di sepanjang rentang usia perkembangan manusia Pada masa itu anak berada pada periode sensitif sensitive periods di mana di masa inilah anak secara khusus mudah menerima berbagai stimulus dari lingkungannya Bahkan sekitar 50 kecerdasan orang dewasa sudah terjadi ketika mereka berusia 4 tahun Peningkatan 30 berikutnya terjadi pada usia 8 tahun dan 20 sisanya pada pertengahan atau akhir dasawarsa kedua Ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi pada usia 0 4 tahun sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada usia 4 18 tahun Itulah sebabnya upaya stimulasi sejak dini kepada anak yang berusia 0 hingga 6 tahun sangatlah penting karena pada masa tersebut perkembangan otak mereka dapat berlangsung optimal dan itu sangat berpengaruh terhadap kehidupannya kelak Betapa meruginya suatu keluarga masyarakat dan bangsa jika mengabaikan praktik penyelenggaraan pendidikan anak usia dini PAUD Masa usia dini tersebut merupakan masa yang paling tepat dalam mengembangkan aspek fisik motorik kognitif sosial emosi bahasa moral dan agama Pada buku ini pembaca akan mengkaji tentang hakikat psikologi perkembangan anak usia dini paradigma dasar psikologi perkembangan anak usia dini perkembangan fisik motorik pada anak usia dini perkembangan kognitif pada anak usia dini perkembangan bahasa pada anak usia dini perkembangan sosial emosi pada anak usia dini serta perkembangan moral dan agama pada anak usia dini Pada masing masing pembahasan mengenai kelima aspek perkembangan pada anak usia dini akan dikaji mengenai hakikatnya tingkat pencapaiannya problematikanya serta optimalisasinya Berbagai kajian mengenai psikologi perkembangan anak usia dini pada buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD di Indonesia
Jumlah Halaman | 216 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Gava Media |
Tahun Terbit | 2014 |
ISBN | 978-602-7869-55-4 |
eISBN |