Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang psikologi pendidikan, khususnya dalam konteks penerapan teori-teori psikologi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Buku ini terdiri dari tiga bab utama yang meliputi: (1) Gambaran Umum Psikologi Pendidikan: Dasar Pengajaran yang Efektif, (2) Pendidikan Berdasarkan Perkembangan Kognitif, dan (3) Pendidikan Berdasarkan Perkembangan Psikologis. Setiap bab dilengkapi dengan penjelasan yang jelas, contoh kasus, alat ukur, serta penelitian terkini yang relevan dengan materi yang dibahas. Buku ini juga menyediakan latihan soal evaluasi hasil baca yang dilengkapi dengan kunci jawaban di bagian akhir setiap bab, sehingga memudahkan pembaca dalam memperkuat pemahaman dan penerapan konsep. Buku ini sangat cocok sebagai referensi bagi mahasiswa, pendidik, dan praktisi pendidikan yang ingin memperdalam pemahaman tentang psikologi pendidikan dan penerapannya dalam berbagai konteks pendidikan, termasuk pendidikan pada siswa berkebutuhan khusus. Buku ini diharapkan dapat menjadi pedoman yang memadai dalam penyusunan karya ilmiah dan pengembangan praktik pendidikan yang lebih efektif dan berbasis psikologi.
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup 1 Gambaran Umum Psikologi Pendidikan 2 Pendidikan berdasarkan Perkembangan Kognitif 3 Pendidikan berdasarkan Perkembangan Sosial 4 Pendidikan berdasarkan Perkembangan Moral 5 Variasi Individu 6 Variasi Kelompok 7 Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus 8 Manajemen Kelas 9 Asesmen Kelas