Sinopsis Buku: Buku *Psikologi Konseling: Sebuah Pengantar Bagi Konselor Pendidikan* memberikan pengantar yang komprehensif mengenai konsep dasar, prinsip, dan praktik psikologi konseling khususnya bagi konselor pendidikan. Buku ini mengupas berbagai aspek penting dalam proses konseling, seperti definisi dan jenis-jenis metode penelitian, tahap-tahap dalam proses penelitian, serta hasil penelitian mengenai efikasi, efektivitas, dan faktor-faktor umum dalam perubahan terapeutik. Selain itu, buku ini juga membahas konsep dan isu-isu etik dalam praktik konseling, termasuk hubungan antara kode etik, moral, dan etika. Buku ini dilengkapi dengan bab-bab yang menjelaskan karakteristik konseli, harapan-harapan konseli, implikasi perkembangan individual konseli terhadap proses konseling, serta respons-respons konseli dalam konseling. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para konselor pendidikan maupun mahasiswa yang ingin memahami lebih dalam mengenai psikologi konseling.
Buku Psikologi Konseling Sebuah Pengantar bagi Konselor Pendidikan ini disusun sebagai salah satu buku pendukung mahasiswa dan pendidik konselor khususnya yang berkecimpung dalam bidang bimbingan dan konseling di jurusan bimbingan dan konseling ataupun psikologi dalam penyelenggaraan perkuliahan matakuliah psikologi konseling Buku ini menjelaskan tentang konsep dasar psikologi konseling konsep masalah individu konsep hubungan dalam konseling pemahaman terhadap pribadi klien pemahaman terhadap konselor yang efektif hambatan atau kesulitan dalam proses konseling pendekatan dan keterampilan keterampilan yang mendasar dalam konseling penelitian dalam konseling serta nilai keyakinan dan etika dalam konseling Semoga kehadiran buku sederhana ini dapat bermanfaat dan memperkaya khazanah keilmuan di bidang konseling khususnya pada latar pendidikan di Indonesia Konseling merupakan suatu hubungan yang bersifat membantu yaitu adanya interaksi antara konselor dan konseli dalam suatu kondisi yang membuat konseli terbantu dalam mencapai perubahan dan belajar membuat keputusan sendiri serta bertanggung jawab atas keputusan yang ia ambil Konseling sebagai cabang ilmu dan praktik pemberian kepada individu pada dasarnya memiliki pengertian spesifik sejalan dengan konsep yang dikembangkan dalam lingkup ilmu dan profesinya Di antara berbagai ilmu yang memiliki kedekatan hubungan dengan konseling adalah psikologi bahkan secara khusus dapat dikatakan konseling merupakan ilmu terapan dari psikologi Hal ini dapat dilihat terutama pada tujuan teori yang digunakan dan proses penyelenggaraannya Dewasa ini paradigma konseling tidak lagi dilihat sebagai upaya untuk membantu individu yang mengalami hambatan dalam rentang perkembangan hidupnya namun lebih pada proses pemberdayaan empowerment individu sesuai potensi yang ia miliki Dengan demikian perlu untuk memahami lebih jauh mengenai aspek aspek psikis yang terlibat dalam proses konseling