Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang *prosedur evaluasi dalam pembelajaran*, yang merupakan salah satu pengetahuan penting bagi calon guru serta kelompok masyarakat yang berperan dalam proses belajar-mengajar, seperti instruktur, tutor, dan lainnya. Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, sikap, dan keterampilan dalam melaksanakan evaluasi secara sistematis dan sesuai prosedur, sehingga informasi yang disampaikan memiliki akuntabilitas tinggi dan dapat mendukung pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan data. Buku ini diorganisasikan dalam empat pokok bahasan utama, dengan fokus utama pada taksonomi dalam pendidikan, yang mencakup Taksonomi Bloom dan Taksonomi Bloom Revisi (Anderson & Krathwohl), serta klasifikasi sikap dan aktivitas psikomotorik manusia. Selanjutnya, buku ini juga menjelaskan tentang target pembelajaran, termasuk pengertian dan hubungannya dengan target pendidikan secara keseluruhan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan prosedur evaluasi dalam tiga tahap utama, yaitu: (1) merencanakan, (2) melaksanakan, dan (3) melaporkan hasil evaluasi. Penulis berharap buku ini menjadi literatur baru dalam bidang evaluasi yang dapat digunakan secara praktis dalam pembelajaran, serta memberikan inspirasi bagi peneliti pendidikan untuk menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat. Buku ini juga dilengkapi dengan informasi terkait UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, termasuk fungsi, sifat, dan pembatasan pelindungan hak cipta, yang menjadi dasar hukum penggunaan karya intelektual dalam konteks pendidikan dan penelitian.
Pemahaman mengenai prosedur evaluasi merupakan salah satu pengetahuan penting yang harus dimiliki oleh calon guru maupun kelompok masyarakat yang memiliki profesi sebagai orang yang membantu siswa dalam belajar baik instruktur guru tutor dan lain lain Tujuan penulisan buku prosedur evaluasi pembelajaran ini adalah untuk memberikan pengetahuan sikap dan keterampilan kepada kelompok tersebut agar dalam melaksanakan evaluasi sesuai prosedur sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat memiliki akuntabilitas tinggi Prosedur tersebut juga dapat memberikan dampak pada pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan data Prosedur evaluasi yang diuraikan dalam buku ini terdiri dari tiga tahap yaitu 1 merencanakan 2 melaksanakan dan 3 melaporkan hasil evaluasi Pembahasan mengenai prosedur evaluasi dalam buku ini diorganisasikan menjadi 4 pokok bahasan utama Pada pokok bahasan pertama buku ini menguraikan prosedur perencanaan evaluasi yang diorganisasikan menjadi 4 bab yaitu 1 pengetahuan tentang taksonomi 2 prosedur dalam mengorganisasikan target pembelajaran 3 prosedur dalam mengembangkan tujuan pembelajaran serta 4 pemahaman mengenai hasil pembelajaran
Jumlah Halaman | 298 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-475-092-3 |
eISBN | 978-623-209-416-1 |