Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan budaya religius di sekolah sebagai upaya untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan siswa. Dalam buku ini, disajikan beberapa topik penting terkait budaya religius, seperti peran tradisi religius dalam membentuk karakter Islami, serta upaya menyemai nilai-nilai kehidupan dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membahas studi kasus tentang SMAN 2 Mejayan sebagai sekolah rintisan budaya religius, serta peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya agama di SMA Negeri 1 Kepanjen. Buku ini juga mengupas Profil Pelajar Pancasila sebagai acuan dalam pembentukan karakter siswa yang berakhlak dan berbudi luhur. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis penelitian, buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para guru, kepala sekolah, dan pihak terkait dalam pengembangan pendidikan agama dan budaya religius di sekolah.
Sekolah adalah lembaga pendidikan yang merupakan perluasan lingkungan sosial individu dalam rangka pengembangan kemampuan hubungan sosialnya dan sekaligus merupakan faktor lingkungan baru yang sangat menantang atau bahkan mencemaskan bagi dirinya Para guru dan teman teman sekelas membentuk suatu sistem yang kemudian menjadi semacam lingkungan norma baru Faktor situasi atau keadaan yang mempengaruhi proses belajar pada siswa berkaitan dengan diri siswa sendiri keadaan belajar proses belajar guru yang memberikan pelajaran teman belajar dan bergaul serta program belajar yang ditempuh merupakan faktor yang mempunyai pertalian erat satu dengan yang lain Itu semua merupakan komponen keadaan situasi belajar yang menjadi salah satu faktor penting dalam belajar
Jumlah Halaman | 132 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Indocamp |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-06-0139-2 |
eISBN | 978-623-06-0138-5 |