Logo Bacabuku
PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020

PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020

Imam Machali; Zainal Arifin; Siti Nurhidayah; Miftahussaadah; Subiyantoro; Nur Rohmah
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan dokumen kurikulum resmi dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Buku ini disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 73 Tahun 2013. Perubahan kurikulum dilakukan secara serentak oleh perguruan tinggi Indonesia, termasuk UIN Sunan Kalijaga, paling lambat Tahun Ajaran 2016/2017. Buku ini menggambarkan visi, misi, dan orientasi kurikulum yang mengacu pada kebutuhan dan tantangan dunia kerja serta konteks zaman yang terus berubah. Kurikulum yang disusun bersifat dinamis, kontekstual, dan relatif, dengan prinsip *change and continuity* yaitu perubahan yang dilakukan secara terus menerus namun tetap mempertahankan keberlanjutan. Perubahan tersebut didasarkan pada hasil analisis, evaluasi, prediksi, dan berbagai tantangan yang dihadapi baik dari internal maupun eksternal. Buku ini juga menjelaskan latar belakang perjalanan perubahan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia, termasuk pengaruh dari perjanjian global seperti AFTA, WTO, dan GATTs, yang menuntut peningkatan standar kualitas lulusan. Dengan demikian, buku ini tidak hanya menjadi acuan dalam penyelenggaraan pendidikan di MPI, tetapi juga menjadi bagian dari upaya penyesuaian kurikulum dengan tuntutan dunia kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di era modern.

Sinopsis ebook

Perjalanan perubahan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia pada Tahun 1994 melalui SK Mendiknas No 056 U 1995 tentang Kurikulum Nasional yang mengutamakan ketercapaian penguasaan IPTEKS oleh karenanya disebut sebagai Kurikulum Berbasis Isi Pada model kurikulum ini ditetapkan mata kuliah wajib nasional pada program studi yang ada Kemudian pada tahun 2000 atas amanah UNESCO melalui konsep the four pillars of education yaitu learning to know learning to do learning to be dan learning to live together Indonesia merekonstruksi konsep kurikulumnya dari berbasis isi ke Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK Kurikulum era tahun 2000 2002 ini mengutamakan pencapaian kompetensi sebagai wujud usaha untuk mendekatkan pendidikan pada kondisi pasar kerja dan industri KBK ini berisi dua buah kurikulum yaitu kurikulum inti dan institusional Di dalam mengejawantahkan KBK ditetapkanlah kompetensi utama oleh asosiasi forum badan kerjasama program studi dan kompetensi pendukung dan lain yang ditetapkan oleh perguruan tinggi sendiri Dengan dorongan perkembangan global yang saat ini dituntut adanya pengakuan atas capaian pembelajaran yang telah disetarakan secara internasional dan dikembangkannya KKNI maka kurikulum semenjak tahun 2012 mengalami sedikit pergeseran dengan memberikan ukuran penyetaraan capaian pembelajarannya Kurikulum ini masih mendasarkan pada pencapaian kemampuan yang telah disetarakan untuk menjaga mutu lulusannya Kurikulum ini dikenal dengan nama Kurikulum Pendidikan Tinggi Sejak tahun 2000 paradigma pengembangkan kurikulum di Pendidikan Tinggi Indonesia telah mengalami perubahan Dimulai dengan diterbitkannya SK Mendiknas 232 U 2000 yang menyatakan penggantian kurikulum nasional dengan kurikulum inti dan institusional Pada tahun 2014 telah terbit aturan yang mengatur Standar Nasional Pendidikan Tinggi SN DIKTI berdasarkan Permendikbud no 49 tahun 2014 Pada beberapa dekade lalu sebelum tahun 2000 proses penyusunan kurikulum disusun berdasarkan tradisi 5 tahunan jenjang S1 atau 3 tahunan jenjang D3 yang selalu menandai berakhirnya tugas satu perangkat kurikulum Selain itu disebabkan pula oleh rencana strategis PT yang memuat visi dan misi PT juga telah berubah Sebagian besar alasan perubahan kurikulum berasal dari permasalahan internal PT sendiri Hal ini bukan suatu kesalahan Namun pada situasi global seperti saat ini dimana percepatan perubahan terjadi di segala sektor maka akan sulit bagi masyarakat untuk menahan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni Pada masa sebelum tahun 1999 pre milleniumera perubahan IPTEKS yang terjadi mungkin tidak sedahsyat pasca millennium Jika dipahami dengan lebih dalam berdasarkan sistem pendidikan yang telah dijelaskan di atas maka jika terjadi perubahan pada tuntutan dunia kerja sudah sewajarnyalah proses di dalam PT kita juga perlu untuk beradaptasi Alasan inilah yang seharusnya dikembangkan untuk melakukan perubahan kurikulum PT di Indonesia

Detail Buku

Jumlah Halaman 155
Kategori Agama
Penerbit UIN Sunan Kalijaga
Tahun Terbit 2017
ISBN 978-602-61179-0-8
eISBN
PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020

PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Visi, Misi dan Orientasi Kurikulum Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) Tahun 2016 – 2020

Imam Machali; Zainal Arifin; Siti Nurhidayah; Miftahussaadah; Subiyantoro; Nur Rohmah