Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dasar pengawasan atau supervisi pendidikan, termasuk sejarah, pengertian, tujuan, dan fungsi dari kegiatan pengawasan dalam konteks lembaga pendidikan. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa pengawasan pendidikan tidak sekadar berupa pemeriksaan rutin, melainkan merupakan proses yang lebih dinamis dan berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan. Penulis juga menyoroti perbedaan antara konsep inspeksi dan supervisi, serta pentingnya profesionalisme dalam menjalankan tugas pengawas. Selain itu, buku ini membahas peran pengawas pendidikan dalam mewujudkan standar pendidikan yang baik, baik sebagai pengawas satuan pendidikan maupun pengawas mata pelajaran. Penulis juga menyoroti regulasi yang mengatur tugas dan fungsi pengawas, seperti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 143 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan dan rujukan bagi para pengawas pendidikan dalam menjalankan tugasnya secara profesional dan berkontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan di sekolah.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dasar pengawasan atau supervisi pendidikan, termasuk sejarah, pengertian, tujuan, dan fungsi dari kegiatan pengawasan dalam konteks lembaga pendidikan. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa pengawasan pendidikan tidak sekadar berupa pemeriksaan rutin, melainkan merupakan proses yang lebih dinamis dan berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan. Penulis juga menyoroti perbedaan antara konsep inspeksi dan supervisi, serta pentingnya profesionalisme dalam menjalankan tugas pengawas. Selain itu, buku ini membahas peran pengawas pendidikan dalam mewujudkan standar pendidikan yang baik, baik sebagai pengawas satuan pendidikan maupun pengawas mata pelajaran. Penulis juga menyoroti regulasi yang mengatur tugas dan fungsi pengawas, seperti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 143 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan dan rujukan bagi para pengawas pendidikan dalam menjalankan tugasnya secara profesional dan berkontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan di sekolah.
Jumlah Halaman | 84 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-540-6 |
eISBN |