Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang profesionalisme guru berbasis religius, yang merupakan upaya untuk menjawab tantangan dalam dunia pendidikan, terutama dalam konteks pendidikan Islam. Dalam era inovasi pendidikan yang pesat, para pendidik sering kali menghadapi berbagai persoalan, salah satunya adalah dekadensi moral yang terjadi di kalangan peserta didik. Untuk mengatasi hal ini, pendidikan Islam harus berlandaskan nilai-nilai Islam yang menjadi pondasi utama dalam penyelenggaraan pendidikan. Buku ini menjelaskan bahwa pendidikan Islam bukan hanya sekadar pengajaran agama, tetapi merupakan sistem pendidikan yang menyeluruh dan berlandaskan ajaran Islam. Pendidikan Islam harus mampu membumikan ajaran Islam dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat menginternalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, institusi pendidikan Islam menjadi agen penyebaran ajaran Islam dalam dunia pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang konsep dasar pendidikan Islam, termasuk unsur-unsur dan komponen utama dalam pendidikan. Dalam konteks ini, profesionalisme guru menjadi sangat penting, karena guru adalah pihak yang bertanggung jawab dalam menyampaikan nilai-nilai Islam secara efektif dan bermakna. Profesionalisme guru berbasis religius diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta mendorong peserta didik untuk berkembang secara akademik dan spiritual. Karya ini dilengkapi dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, serta didukung oleh penelitian dan pengalaman akademik para penulis. Buku ini sangat relevan bagi para pemikir, pemerhati pendidikan, pengembang, dan pelaksana pendidikan di sekolah, madrasah, maupun perguruan tinggi, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.
profesionalisme guru dalam melakukan proses mendidik pada lembaga pendidikan Islam atau pendidikan secara umum menjadi sangat urgen dibahas dan diwujudkan dalam realitas iv dunia pendidikan kita Tentunya hal ini menjadi sebagai sebuah solusi agar pendidikan Islam lebih bermutu sehingga dapat mencapai tujuannya Kiranya tidak mengada ada ketika kami mencoba untuk konsern melakukan kajian kepada profesionalisme guru dalam perspektif pendidikan Islam Dalam masalah ini kami bermaksud untuk mengungkap tentang profesi guru dalam pandangan pendidikan Islam dengan mengajukan teori teori yang telah disampaikan oleh para ahli pendidikan
Jumlah Halaman | 132 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-148-4 |
eISBN | proses |