Logo Bacabuku
Problematika pembelajaran sejarah di era milenial

Problematika pembelajaran sejarah di era milenial

Wahdini Purba
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Problematika Pembelajaran Sejarah di Era Milenial* ini merupakan karya tulis yang mengupas secara mendalam tantangan dan peluang dalam pembelajaran sejarah di tengah perkembangan teknologi dan perubahan sosial yang pesat, khususnya pada era Revolusi Industri 4.0. Buku ini ditulis oleh Drs. Wahdini Purba, M.Pd., dan dirancang untuk memberikan wawasan serta solusi praktis bagi para guru, pelajar, dan pembaca umum yang tertarik pada pendekatan pembelajaran sejarah yang kontemporer. Buku ini terdiri dari lima bab utama yang saling terkait. Bab pertama membahas pendahuluan mengenai pentingnya sejarah dalam kehidupan manusia dan peran sejarah dalam pendidikan. Bab kedua menjelaskan konsep sejarah, fungsi belajar sejarah, serta sasaran dan nilai-nilai yang ingin dicapai dalam pembelajaran sejarah. Bab ketiga membahas peran sejarah dalam kurikulum 2013, sementara bab keempat fokus pada tantangan dan peluang pembelajaran sejarah di era milenial, termasuk dampak Revolusi Industri 4.0 dan perubahan perilaku generasi milenial. Bab kelima membahas peluang pembelajaran sejarah lokal sebagai upaya untuk memperkaya pemahaman siswa terhadap sejarah bangsa Indonesia, sekaligus sebagai bentuk penguatan identitas nasional. Buku ini tidak hanya memberikan analisis teoretis, tetapi juga memberikan rekomendasi praktis yang relevan dengan konteks pendidikan di Indonesia saat ini. Dengan pendekatan yang komprehensif dan relevan, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, pelajar, dan pembaca yang ingin memahami dinamika pembelajaran sejarah di era yang semakin digital dan global.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku *Problematika Pembelajaran Sejarah di Era Milenial* ini merupakan karya tulis yang mengupas secara mendalam tantangan dan peluang dalam pembelajaran sejarah di tengah perkembangan teknologi dan perubahan sosial yang pesat, khususnya pada era Revolusi Industri 4.0. Buku ini ditulis oleh Drs. Wahdini Purba, M.Pd., dan dirancang untuk memberikan wawasan serta solusi praktis bagi para guru, pelajar, dan pembaca umum yang tertarik pada pendekatan pembelajaran sejarah yang kontemporer. Buku ini terdiri dari lima bab utama yang saling terkait. Bab pertama membahas pendahuluan mengenai pentingnya sejarah dalam kehidupan manusia dan peran sejarah dalam pendidikan. Bab kedua menjelaskan konsep sejarah, fungsi belajar sejarah, serta sasaran dan nilai-nilai yang ingin dicapai dalam pembelajaran sejarah. Bab ketiga membahas peran sejarah dalam kurikulum 2013, sementara bab keempat fokus pada tantangan dan peluang pembelajaran sejarah di era milenial, termasuk dampak Revolusi Industri 4.0 dan perubahan perilaku generasi milenial. Bab kelima membahas peluang pembelajaran sejarah lokal sebagai upaya untuk memperkaya pemahaman siswa terhadap sejarah bangsa Indonesia, sekaligus sebagai bentuk penguatan identitas nasional. Buku ini tidak hanya memberikan analisis teoretis, tetapi juga memberikan rekomendasi praktis yang relevan dengan konteks pendidikan di Indonesia saat ini. Dengan pendekatan yang komprehensif dan relevan, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, pelajar, dan pembaca yang ingin memahami dinamika pembelajaran sejarah di era yang semakin digital dan global.

Detail Buku

Jumlah Halaman 102
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-623-217-790-1
eISBN
Problematika pembelajaran sejarah di era milenial

Problematika pembelajaran sejarah di era milenial

Wahdini Purba