Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan terstruktur dalam upaya meningkatkan keprofesionalan guru IPA dalam mengembangkan strategi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs). Buku ini dirancang untuk membantu pendidik dalam memahami dan mengaplikasikan berbagai konsep dan prinsip IPA dalam konteks pembelajaran sehari-hari, serta memperkaya keterampilan proses dan sikap ilmiah yang diperlukan dalam pembelajaran IPA. Dalam buku ini, penulis menghadirkan berbagai topik yang relevan dengan tantangan dan masalah yang sering dihadapi oleh guru IPA, seperti kesulitan dalam merumuskan ide pokok pembelajaran, serta keterbatasan dalam kemampuan menulis sebagai bagian dari proses pengembangan karya ilmiah. Sebagai solusi, buku ini menyajikan berbagai pertanyaan dan jawaban yang dikemas dalam bentuk tanya jawab, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep yang disampaikan. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya penerapan hukum-hukum IPA dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya untuk menjadikan pembelajaran IPA lebih relevan dan bermakna bagi siswa. Dengan pendekatan inkuiri, buku ini berupaya membangun kemampuan berpikir, bekerja, dan bersikap ilmiah yang menjadi aspek penting dalam kecakapan hidup. Buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik yang ingin terus berkembang dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah.
Buku ini membahas perihal adanya beberapa pertanyaan tentang proses pembelajaran IPA dan kemudian dicari jawabannya dari berbagai literatur Terdiri dari 3 bagian yaitu alasan penyusunan pertanyaan daftar pertanyaan beserta jawabannya dan simpulan dari hasil tanya jawab Dengan harapan buku ini dapat memperluas khasanah dalam pembelajaran IPA khususnya dan dalam dunia pendidikan pada umumnya Serta dapat berbagi ilmu sesama guru IPA
Jumlah Halaman | 48 |
---|---|
Kategori | Studi dan Pengajaran |
Penerbit | Indocamp |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-252-017-2 |
eISBN | 978-623-252-122-3 |