BAB I PROBLEMA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA B ahasa Indonesia memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan masyarakat Indonesia Bahasa Indonesia memiliki nilai historis nilai politis nilai sosiologis dan nilai estesis yang tidak dapat dilepaskan dari keberadaan bangsa Indonesia Bahasa Indonesia juga memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai 1 bahasa resmi kenegaraan 2 bahasa pengantar resmi di lembaga lembaga pendidikan 3 bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan 4 bahasa resmi dalam pengembangan kebudayaan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan pemanfaatan teknologi modern Sebagai bahasa resmi kenegaraan bahasa Indonesia digunakan di dalam pidato resmi dokumen resmi negara pelaksanaan upacara kenegaraan harus menggunakan bahasa Indonesia Penggunaan bahasa Indonesia dalam forum resmi kenegaraan bersifat mutlak karena telah diatur dalam UUD 1945 Sebagai bahasa resmi di lembagalembaga pendidikan bahasa Indonesia digunakan bukan Problema dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa IndonesiaBAB I PROBLEMA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA B ahasa Indonesia memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan masyarakat Indonesia Bahasa Indonesia memiliki nilai historis nilai politis nilai sosiologis dan nilai estesis yang tidak dapat dilepaskan dari keberadaan bangsa Indonesia Bahasa Indonesia juga memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai 1 bahasa resmi kenegaraan 2 bahasa pengantar ...resmi di lembaga lembaga pendidikan 3 bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan 4 bahasa resmi dalam pengembangan kebudayaan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan pemanfaatan teknologi modern Sebagai bahasa resmi kenegaraan bahasa Indonesia digunakan di dalam pidato resmi dokumen resmi negara pelaksanaan upacara kenegaraan harus menggunakan bahasa Indonesia Penggunaan bahasa Indonesia dalam forum resmi kenegaraan bersifat mutlak karena telah diatur dalam UUD 1945 Sebagai bahasa resmi di lembagalembaga pendidikan bahasa Indonesia digunakan bukan Problema dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia