Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan artikel ilmiah yang dihasilkan dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh PSLD UB (Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Pendidik) Universitas Brawijaya. Lomba ini ditujukan khusus bagi pendidik di Provinsi Jawa Timur yang memiliki minat dan komitmen untuk mendukung penyandang disabilitas dalam proses belajar-mengajar. Artikel-artikel yang terkumpul dalam buku ini merupakan hasil seleksi dan presentasi dari para peserta lomba, yang kemudian dikemas dalam bentuk prosiding sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap upaya-upaya pendidik dalam mewujudkan pendidikan inklusif. Isi buku ini mencakup berbagai topik yang relevan dengan pendidikan inklusif, seperti praktik inklusivitas di universitas, pendekatan pengajaran untuk penyandang disabilitas, penerapan metode pembelajaran kontekstual dan berbasis teknologi, serta pengembangan keterampilan non-akademik bagi siswa tunarungu. Buku ini juga menyajikan data dan statistik terkini mengenai jumlah lembaga pendidikan inklusif di Jawa Timur, yang menunjukkan bahwa provinsi ini memiliki jumlah lembaga pendidikan luar biasa yang terbesar di Indonesia. Namun, buku ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi para pendidik dalam memberikan akses pendidikan yang setara bagi penyandang disabilitas, serta pentingnya pengembangan profesionalisme pendidik dalam mewujudkan pendidikan inklusif yang berkelanjutan. Buku ini menjadi referensi yang berharga bagi para pendidik, khususnya di tingkat menengah atas dan perguruan tinggi, yang ingin meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi penyandang disabilitas, sejalan dengan amanah UU No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Dengan berbagai artikel yang disajikan, buku ini tidak hanya memberikan wawasan akademis, tetapi juga menginspirasi para pendidik untuk terus berinovasi dan berkomitmen dalam mengembangkan pendidikan inklusif yang berkelanjutan.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan artikel ilmiah yang dihasilkan dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh PSLD UB (Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Pendidik) Universitas Brawijaya. Lomba ini ditujukan khusus bagi pendidik di Provinsi Jawa Timur yang memiliki minat dan komitmen untuk mendukung penyandang disabilitas dalam proses belajar-mengajar. Artikel-artikel yang terkumpul dalam buku ini merupakan hasil seleksi dan presentasi dari para peserta lomba, yang kemudian dikemas dalam bentuk prosiding sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap upaya-upaya pendidik dalam mewujudkan pendidikan inklusif. Isi buku ini mencakup berbagai topik yang relevan dengan pendidikan inklusif, seperti praktik inklusivitas di universitas, pendekatan pengajaran untuk penyandang disabilitas, penerapan metode pembelajaran kontekstual dan berbasis teknologi, serta pengembangan keterampilan non-akademik bagi siswa tunarungu. Buku ini juga menyajikan data dan statistik terkini mengenai jumlah lembaga pendidikan inklusif di Jawa Timur, yang menunjukkan bahwa provinsi ini memiliki jumlah lembaga pendidikan luar biasa yang terbesar di Indonesia. Namun, buku ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi para pendidik dalam memberikan akses pendidikan yang setara bagi penyandang disabilitas, serta pentingnya pengembangan profesionalisme pendidik dalam mewujudkan pendidikan inklusif yang berkelanjutan. Buku ini menjadi referensi yang berharga bagi para pendidik, khususnya di tingkat menengah atas dan perguruan tinggi, yang ingin meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi penyandang disabilitas, sejalan dengan amanah UU No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Dengan berbagai artikel yang disajikan, buku ini tidak hanya memberikan wawasan akademis, tetapi juga menginspirasi para pendidik untuk terus berinovasi dan berkomitmen dalam mengembangkan pendidikan inklusif yang berkelanjutan.
Jumlah Halaman | 172 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-462-025-7 |
eISBN |