Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur

Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur

Baroroh Lestari; dkk

Telah di baca oleh 3 pemustaka, dengan total durasi baca 00:05:31

Deskripsi Buku

Sejak awal revolusi industri inovasi merupakn kunci utama dari keunggulan bersaing Berbagai permasalahan berkaitan dengan cara pengelolaannya menjadikan inovasi sebagai faktor yang sangat penting bagi perusahaan Beberapa hasil penelitian telah mengidentifikasikan keuntungan inovasi bagi perusahaan setelah memanfaatkan strategi inovasi untuk merealisasikan keuntungan dan pangsa pasar yang besar Calantone et al 1995 Griffin 1997 Han et al 1998 Lebih lanjut Robert and Amit 2003 menyatakan bahwa success in inovation is affected by several environmental and contextual factors surronding each organization Inovasi pada suatu perusahaan dapat dilakukan dengan aktifitas berbagai pengetahuan secara kolektif khususnya pengetahuan yang bersifat tacit Nonaka et al 2000 Howells 1996 Rekombinasi dan inovasi dapat dilandasi dengan melakukan berbagai dialog atau interaksi antar indiidu antar kelompok atau antar perusahaan Gold et al 2001 mengungkapkan bahwa due to this interaction relationships and perspectives are shared between employees creating a cooperative atmosphere requred for the transfer og tacit knowledge Hal ini menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan merupakan hal yang penting dilihat dari sisi manajerial sehingga dapat meningkatkan penciptaan dan proses berbagai pengetahuan dan penting dalam pelaksanaan inovasi Pendekatan teoritis seperti strategi implementasi manajemen pengetahuan memusatkan perhatiannya pada penerapan teknologi informasi yang sesuai Swan et al 1999 Nonaka et al 2000 dan Alavi and Leidner 2001 Dorongan utama dalam upaya menciptakan antusiasme organisasi pada pengitegrasian strategi perusahaan berasal dari kepercayaan rekan bisnis perusahaan sehingga mampu menciptakan kemampuan baru jika mereka tidak mampu menciptakannya secara terpisah Hall and Andriani 1998 Beberapa kemampuan tersebut adalah kemampuan dalam berbagi isiko kemampuan peningkatan reaksi pasar mendukung fungsi persamaan dan lain lain Semua hal tersebut dapat diterjemahkan menjadi manfaat persaingan bagi seluruh perusahaan dalam rangkaian nilai Knowledge management practice KMP PMP Praktek Manajemen Pengetahuan merupakan disiplin yang dapat membuka peluang individu dalam barisan organisasi yang secara bersama sama menciptakan berbagi mengakses dan menerapkan pengetahuan untuk menembus batasan batasan perusahaan dalam mencapai sasaran bisnis bagi keseluruhan perusahaan terutama perusahaan manufaktur PMP berbeda dari sistem inter organisasional tradisional misalnya EDI electronic data interchange pertukaran data elektronik Pertukaran data dalam sistem tradisional memiliki batasan batasan sehingga hanya sedikit data taransaksi yang dapat dibagi bersama PMP dapat digunakan untuk menukar berbagai macam pengetahuan diantara para rekan bisnis perusahaan Di negara yang baru berkembang sektor industrinya seperti Indonesia perusahaan manufaktur dihadapkan dengan berbagai perubahan yang meliputi perubahan daya saing secara dramatis karena adanya peningkatan permintaan pelanggan reduksi daur hidup produk mengutamakan biaya rendah peningkatan perubahan teknologi dan masuknya pesaing pesaing internasional ke dalam negeri Pasar produk jasa akan terus meningkat di dunia internasional Perusahaan menyadari bahwa untuk menghadapi pasar internasional atau globalisasi mereka perlu menerapkan strategi industri internasional Hal ini dilakukan untu kmenyesuaikan diri dan memastikan bahwa keuntungan yagn diharapkan dari penerapan strategi dapat tercapai Globalisasi pasti mempunyai dampak pad industri manufaktur baik ditingkat lokal maupun internasional Globalisasi juga dapat memperluas pasar dan meningkatkan persaingan permintaan yang sangat besar dari para pelanggan industri manufaktur akan meningaktakan kualitas kemampuan dalam memberikan jasa dan fleksibilitas ketika mempertahankan harga yang kompetitif Dangayach and Deshmukh 2003 Laosirihongthong and Dangayach 2005a Hasilnya perusahaan manufaktur tidak hanya lebih memusatkan perhatiannya pada kepemimpinan biaya di dalam negeri saja tetapi juga telah menyebar pada lokasi lokasi dibelahan dunia yang lain serta memberikan lebih banyak inovasi inovasi produk dan proses Sejak awal revolusi industri inovasi merupakn kunci utama dari keunggulan bersaing Berbagai permasalahan berkaitan dengan cara pengelolaannya menjadikan inovasi sebagai faktor yang sangat penting bagi perusahaan Beberapa hasil penelitian telah mengidentifikasikan keuntungan inovasi bagi perusahaan setelah memanfaatkan strategi inovasi untuk merealisasikan keuntungan dan pangsa pasar yang besar Calantone et al 1995 ...

Style

MLA Style
Lestari, Baroroh, dkk. Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur. Malang: UB PRESS, 2014. Online.
Chicago Style
Lestari, Baroroh, dkk. Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur. Malang: UB PRESS, 2014.
Turabian Style
Lestari, Baroroh, dkk, Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur. Malang: UB PRESS, 2014.
APA Style
Lestari, Baroroh, dkk. (2014). Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur. Malang: UB PRESS.
Harvard Style
Lestari, Baroroh, dkk, 2014, Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur, UB PRESS, Malang.
IEEE Style
Baroroh Lestari, dkk. Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur. Malang: UB PRESS. 2014.

Detail Buku

Jumlah Halaman
265
Kategori
Sub Kategori
Penerbit
Tahun Terbit
ISBN
978-602-203-462-9
eISBN
978-602-203-461-2

Buku Rekomendasi

Lihat Semua

Buku Terkait

Lihat Semua