Buku ini merupakan hasil studi PPIM UIN Jakarta tentang persepsi guru agama baik di sekolah maupun madrasah terhadap isu isu sosial keagamaan di 11 kabupaten kota di Indonesia Penelitian tersebut mendalami seberapa jauh pendidikan agama Islam melalui guru agamanya memperkuat civic values kebebasan persamaan keadilan toleransi dan persatuan dan negara bangsa berdasar Pancasila dan UUD 1945 Buku ini juga memotret perkembangan Islam di daerah dikaitkan dengan dukungan pemerintah daerah terhadap pendidikan Islam Aspek ini meliputi perkembangan gerakan dan ormas Islam baru yang mengusul corak pemahaman lain di luar mainstream dan pengaruh mereka terhadap pendidikan agama di daerah Buku ini memperlihatkan sementara pemerintah daerah seakan berlomba lomba untuk memperkuat misi religius religious mission dalam sektor pendidikan upaya penguatan misi sipil civic mission tampak tertinggal Buku ini merupakan hasil studi PPIM UIN Jakarta tentang persepsi guru agama baik di sekolah maupun madrasah terhadap isu isu sosial keagamaan di 11 kabupaten kota di Indonesia Penelitian tersebut mendalami seberapa jauh pendidikan agama Islam melalui guru agamanya memperkuat civic values kebebasan persamaan keadilan toleransi dan persatuan dan negara bangsa ...berdasar Pancasila dan UUD 1945 Buku ini juga memotret perkembangan Islam di daerah dikaitkan dengan dukungan pemerintah daerah terhadap pendidikan Islam Aspek ini meliputi perkembangan gerakan dan ormas Islam baru yang mengusul corak pemahaman lain di luar mainstream dan pengaruh mereka terhadap pendidikan agama di daerah Buku ini memperlihatkan sementara pemerintah daerah seakan berlomba lomba untuk memperkuat misi religius religious mission dalam sektor pendidikan upaya penguatan misi sipil civic mission tampak tertinggal