Sinopsis Buku: Buku ini membahas potensi lagu dolanan dalam pembelajaran di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Lagu dolanan, sebagai warisan budaya yang kaya akan nilai-nilai luhur dan simbol-simbol pendidikan, semakin langka terdengar di tengah arus kemajuan teknologi yang pesat. Buku ini menyoroti betapa pentingnya lagu dolanan dalam membentuk karakter dasar anak, meningkatkan interaksi sosial, dan memperkaya pengalaman belajar melalui aktivitas bermain yang menyenangkan. Penulis mengusulkan model pembelajaran berbasis lagu dolanan yang dapat memaksimalkan potensi perkembangan anak, khususnya dalam aspek sosial, emosional, dan kognitif. Buku ini juga membahas bagaimana lagu dolanan dapat dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan pembelajaran, seperti kegiatan awal, inti, dan akhir, serta perannya dalam membentuk nilai-nilai luhur yang menjadi dasar karakter anak. Dengan pendekatan yang kreatif dan akademis, buku ini menjadi panduan penting bagi para pendidik dan pengelola lembaga PAUD dalam melestarikan dan mengembangkan budaya lokal melalui seni musik tradisional.
Buku ini merupakan bentuk reaksi penulis terhadap situasi riil masyarakat Indonesia yang telah terpisah interaksinya dengan lagu dolanan yang sesungguhnya merupakan karya adi luhung warisan nenek moyang kita Lagu lagu dolanan ini nyaris tidak terdengar lagi dikumandangkan karena tergerus oleh arus kemajuan teknologi yang pesat Generasi pewaris negeri ini sudah tidak perduli pada karya yang sesungguhnya kaya akan keindahan bahasa keanggunan ekspresi kesederhanaan ungkapan kedalaman makna dan juga muatan budaya yang sangat bernilai pendidikan
Jumlah Halaman | 112 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-6743-59-6 |
eISBN |