Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pola pembelajaran 9 pilar karakter pada anak usia dini, serta dimensi-dimensinya. Buku ini ditulis oleh Endang Kartikowati, M.Pd. dan Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd., yang merupakan dua tokoh pendidikan yang berkompeten dalam bidang pendidikan karakter. Buku ini merupakan edisi pertama yang diterbitkan oleh Indonesia Heritage Foundation (IHF) pada tahun 2020. Buku ini memiliki ISBN 978-623-218-371-1 untuk cetakan fisik dan ISBN (E) 978-623-218-372-8 untuk versi elektronik. Buku ini memberikan penjelasan mengenai 9 pilar karakter yang dikemas dalam konsep pendidikan yang bermuatan nilai-nilai luhur universal, lintas agama, budaya, dan suku. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa 9 pilar karakter tersebut mencakup: 1. Cinta kepada Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, 2. Mandiri, disiplin, dan tanggung jawab, 3. Jujur, amanah, dan berkata bijak, 4. Hormat, santun, dan pendengar yang baik, 5. Dermawan, suka menolong, dan kerja sama, 6. Percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah, 7. Pemimpin yang baik dan adil, 8. Baik dan rendah hati, 9. Toleransi, cinta damai, dan keharmonisan. Penulis juga menekankan pentingnya pendidikan karakter dimulai sejak usia dini, karena masa usia dini merupakan masa emas yang menjadi momentum menentukan dalam meletakkan dasar-dasar kepribadian anak. Fondasi karakter yang terbentuk pada usia dini akan menentukan keberhasilan proses penanaman karakter pada masa-masa berikutnya. Dengan pembelajaran yang terstruktur dan sistematis, anak usia dini dapat dibimbing untuk mengembangkan kualitas karakter yang baik, yang akan berdampak positif pada kehidupannya sepanjang hidup. Buku ini juga mengacu pada peran penting pendidikan karakter dalam membentuk individu yang tanggung jawab, jujur, dan memiliki akhlak mulia. Selain itu, buku ini juga menguraikan tentang sanksi hukum yang berlaku dalam hal pelanggaran hak cipta, terutama dalam konteks penggunaan karya cipta secara komersial, yang merupakan bagian dari upaya untuk melindungi karya-karya yang dihasilkan oleh pencipta. Dengan konsep yang jelas, terstruktur, dan berbasis nilai-nilai universal, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, orang tua, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan karakter anak usia dini.
Pendidikan karakter harus sudah mulai dilaksanakan semenjak usia dini Hal ini didasari pertimbangan usia dini adalah masa emas yang menjadi momentum menentukan dalam meletak kan fondasi pendidikan karakter Jika fondasi karakter tertanam pada anak usia dini akan menentukan keberhasilan proses penanaman karakter pada masa masa berikutnya Ada banyak kualitas karakter yang harus dikembangkan seperti kualitas yang bermuatan nilai nilai luhur universal lintas agama budaya dan suku Melalui internalisasi pilar pilar karakter ini diletakkan sebuah harapan agar para siswa akan menjadi manusia yang cinta damai tanggung jawab jujur dan serangkaian akhlak mulia lainnya Buku ini memotret ide atau gagasan tentang pendidikan karakter dan tawarannya dalam pembelajaran di sekolah dan di rumah Sebagai tambahan buku ini juga membahas dimensi dimensi pembelajaran pada anak usia dini yang secara psikologis memiliki potensi tumbuh kembang secara pesat the golden age
Jumlah Halaman | 256 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-218-371-1 |
eISBN | 978-623-218-372-8 |