Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematis*, dengan fokus pada pola dan perubahan proses metakognisi yang dilakukan oleh mahasiswa matematika dalam menyelesaikan masalah matematis. Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan selama tiga tahun, dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan pengumpulan data secara detail, validasi, dan analisis untuk menghasilkan teori tentang perubahan proses metakognisi dalam konteks pemecahan masalah matematis. Buku ini terdiri dari empat bab utama. Bab I menjelaskan proses berpikir dalam pembelajaran, termasuk konsep metakognisi dan fokus masalah penelitian. Bab II mendiskusikan definisi, komponen, serta kerangka berpikir dalam metakognisi, serta hubungannya dengan tahapan Polya dalam pemecahan masalah. Bab III membahas konsep pemecahan masalah matematis, termasuk struktur masalah dan peran metakognisi dalam proses tersebut. Bab IV menjelaskan metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan buku ini. Buku ini ditujukan bagi para pendidik, peneliti, dan mahasiswa yang tertarik dalam memahami dan meningkatkan kemampuan metakognitif dalam pembelajaran matematika. Dengan penyajian yang terstruktur dan berbasis penelitian, buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan dunia pendidikan, terutama dalam bidang matematika.
Penyusunan buku ini didasari oleh hasil penelitian yang berjudul Karakterisasi Proses Metakognisi Mahasiswa Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Matematis yang dilakukan selama tiga tahun Proses penelitian yang dilakukan diawali dengan penelitian pendahuluan diteruskan dengan menetapkan mahasiswa sebagai subjek penelitian merancang instrumen penelitian dengan ujicobanya penggalian data secara detail dari subjek penelitian yang terpilih melakukan validasi data sebagai hasil penelitian dan diakhiri dengan pembahasan dan analisis data sehingga penulis dapat menghasilkan teori tentang proses perubahan proses metakognisi mahasiswa matematika dalam menyelesaikan masalah matematis Guna memudahkan para pembaca dalam mempelajari buku sebagai hasil penelitian penulis melakukan pemerian isi buku dalam beberapa bab Bab I membahas Proses Berpikir dalam Pembelajaran Bab II membahas Metakognisi Bab III membahas Pemecahan Masalah Matematika Bab IV membahas Metode Penelitian Bab V membahas Proses Perubahan Metakognisi Bab VI membahas Teori Perubahan Metakognisi dan Bab VII membahas Karakteristik Metakognisi
Jumlah Halaman | 312 |
---|---|
Kategori | Matematika dan Sains |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-462-060-8 |
eISBN |