Syaikh Muhyiddin Ibn Arabi 1165 1240 adalah bentangan teks teks spiritual yang sedemikan luas dan malah nyaris tak terhingga Bahkan konon kitab kitab karya para sufi yang lain hanyalah ibarat catatan catatan kaki bagi karya karya beliau Beliau menuliskan begitu banyak pengalaman pengalaman rohaninya ke dalam berbagai macam pemahaman yang seringkali terasa rumit untuk sepenuhnya dicerna oleh para pembaca kitab kitanya Ilmu pengetahuan spiritual berkelindan secara apik dan solid dengan pengahayatan dan pengamalan yang tulur pada diri beliau Mula mula ilmu pengetahuan spiritual lalu pengahayatan dan pengalaman atau kebalikannya keduanya sama sama dimunkinkan bagi beliau Dan ilmu beliau itu kebanyakan diperoleh secara langsung dari Allah Ta ala Syaikh Muhyiddin Ibn Arabi 1165 1240 adalah bentangan teks teks spiritual yang sedemikan luas dan malah nyaris tak terhingga Bahkan konon kitab kitab karya para sufi yang lain hanyalah ibarat catatan catatan kaki bagi karya karya beliau Beliau menuliskan begitu banyak pengalaman pengalaman rohaninya ke dalam berbagai macam pemahaman yang seringkali ...terasa rumit untuk sepenuhnya dicerna oleh para pembaca kitab kitanya Ilmu pengetahuan spiritual berkelindan secara apik dan solid dengan pengahayatan dan pengamalan yang tulur pada diri beliau Mula mula ilmu pengetahuan spiritual lalu pengahayatan dan pengalaman atau kebalikannya keduanya sama sama dimunkinkan bagi beliau Dan ilmu beliau itu kebanyakan diperoleh secara langsung dari Allah Ta ala