Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para guru yang mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Dasar. Buku ini dirancang untuk membantu guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran IPA yang efektif, menyenangkan, dan berorientasi pada kompetensi. Buku ini berisi berbagai bab yang membahas konsep dasar pembelajaran IPA, termasuk perencanaan pembelajaran, menciptakan pembelajaran sains yang efektif dan menyenangkan, serta penilaian hasil pembelajaran IPA di tingkat SD. Buku ini juga mengacu pada prinsip-prinsip Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang berfokus pada potensi, kebutuhan, dan perkembangan peserta didik, serta mendorong pembelajaran yang beragam dan terpadu. Di samping itu, buku ini menyajikan panduan praktis mengenai cara mengembangkan pembelajaran berbasis kompetensi, yang menekankan pada peningkatan kemampuan dan potensi siswa untuk menghadapi tantangan hidup. Buku ini juga menekankan pentingnya penilaian yang tidak hanya menilai hasil belajar, tetapi juga proses belajar siswa. Dengan penyajian yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat berguna bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar. Buku ini juga dilengkapi dengan glosarium dan daftar pustaka untuk memudahkan pembaca dalam memperdalam pemahaman dan memperkaya pengetahuan.
Harapannya buku ini dapat membantu dan meringankan tugas guru yang tidak hanya menentukan keberhasilan siswa siswanya Pada akhirnya akan meberikan kontribusi pada kwmajuan kecerdasan bangsa Selain itu penting pula akan lahir dari guru guru yang kompeten dan ikhlas untuk mengajar dengan hati akan melahirkan pula generasi yang cerdas berkualitas dan berakhlak
Jumlah Halaman | 52 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Talenta Pustaka Indonesia |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7432-85-2 |
eISBN | proses |