Buku ini adalah penilaian kritis dari basis pengetahuan manajemen tentang efektivitas pengelolaan lembaga pendidikan Pesantren hadir sebagai warisan kultur bangsa yang telah berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa Sayangnya perkembangan pesantren yang masif saat ini tidak dibarengi dengan peningkatan mutu dalam hal proses pendidikan dan pengajaran Ambiguitas peran tersebut seakan mengancam eksistensi pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam Pesantren banyak yang muncul kemudian tenggelam menjadi bukti gagalnya pengelola lembaga Kepemimpinan tanpa dibarengi visi misi yang jelas seakan menegaskan pesantren sebagai lembaga pendidikan kelas dua Untuk itu diperlukan sebuah kajian teoretis guna mengukur efektivitas pengelolaan pesantren melalui teori kepemimpinan komunikasi dan konflik organisasi Paparan sajian mencakup kajian teori manajemen dan perilaku organisasi dalam sub bahasan kepemimpinan komunikasi dan konflik organisasi Selain membahas tentang pengelolaan pendidikan yang baik isi buku juga mengidentifikasi dan menjelaskan manajemen berbasis pondok pesantren seperti ukuran efektivitas kinerja pendidik Era desentralisasi melahirkan manajemen berbasis pondok pesantren dan memberikan peluang pesantren untuk bangkit dan kompetitif Penulis menyajikan pandangan sistemis tentang efektivitas dan peningkatan kinerja pendidik yang dimulai dari model konseptual yang terintegrasi Ini menawarkan klasifikasi strategi peningkatan pesantren dan skenario untuk peningkatan pendidikan pengelolaan pesantren Di atas semua itu analisisnya sangat sistematis komprehensif dan berlandaskan teori Buku ini sangatlah penting bagi mahasiswa yang sedang mendalami bidang manajemen pendidikan Buku ini juga sangat penting bagi kepala sekolah guru dan pengawas yang terlibat langsung dengan pengelolaan pendidikan Buku ini adalah penilaian kritis dari basis pengetahuan manajemen tentang efektivitas pengelolaan lembaga pendidikan Pesantren hadir sebagai warisan kultur bangsa yang telah berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa Sayangnya perkembangan pesantren yang masif saat ini tidak dibarengi dengan peningkatan mutu dalam hal proses pendidikan dan pengajaran Ambiguitas peran tersebut seakan mengancam eksistensi pesantren ...sebagai lembaga pendidikan Islam Pesantren banyak yang muncul kemudian tenggelam menjadi bukti gagalnya pengelola lembaga Kepemimpinan tanpa dibarengi visi misi yang jelas seakan menegaskan pesantren sebagai lembaga pendidikan kelas dua Untuk itu diperlukan sebuah kajian teoretis guna mengukur efektivitas pengelolaan pesantren melalui teori kepemimpinan komunikasi dan konflik organisasi Paparan sajian mencakup kajian teori manajemen dan perilaku organisasi dalam sub bahasan kepemimpinan komunikasi dan konflik organisasi Selain membahas tentang pengelolaan pendidikan yang baik isi buku juga mengidentifikasi dan menjelaskan manajemen berbasis pondok pesantren seperti ukuran efektivitas kinerja pendidik Era desentralisasi melahirkan manajemen berbasis pondok pesantren dan memberikan peluang pesantren untuk bangkit dan kompetitif Penulis menyajikan pandangan sistemis tentang efektivitas dan peningkatan kinerja pendidik yang dimulai dari model konseptual yang terintegrasi Ini menawarkan klasifikasi strategi peningkatan pesantren dan skenario untuk peningkatan pendidikan pengelolaan pesantren Di atas semua itu analisisnya sangat sistematis komprehensif dan berlandaskan teori Buku ini sangatlah penting bagi mahasiswa yang sedang mendalami bidang manajemen pendidikan Buku ini juga sangat penting bagi kepala sekolah guru dan pengawas yang terlibat langsung dengan pengelolaan pendidikan