Perkembangan mengacu pada bagaimana seorang tumbuh beradaptasi danberubah disepanjang perjalanan hidupnya Orang tumbuh beradaptasi dan berubah melalui perkembangan fisik perkembangan kepribadian perkembangan sosioemosional sosial dan emosi perkembangan kognitif berpikir Peserta didik adalah makhluk yang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya masing masing mereka memerlukan bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju kearah titik optimal kemampuan fitrahnya Di dalam pandangan yang lebih modern anak didik tidak hanya dianggap sebagai objek atau sasaran pendidikan melainkan juga mereka harus diperlukan sebagai subjek pendidikan diantaranya adalah dengan cara melibatkan peserta didik dalam memecahkan masalah dalam proses belajar mengajar Perkembangan mengacu pada bagaimana seorang tumbuh beradaptasi danberubah disepanjang perjalanan hidupnya Orang tumbuh beradaptasi dan berubah melalui perkembangan fisik perkembangan kepribadian perkembangan sosioemosional sosial dan emosi perkembangan kognitif berpikir Peserta didik adalah makhluk yang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya masing masing mereka memerlukan bimbingan dan pengarahan yang konsisten ...menuju kearah titik optimal kemampuan fitrahnya Di dalam pandangan yang lebih modern anak didik tidak hanya dianggap sebagai objek atau sasaran pendidikan melainkan juga mereka harus diperlukan sebagai subjek pendidikan diantaranya adalah dengan cara melibatkan peserta didik dalam memecahkan masalah dalam proses belajar mengajar