Sinopsis Buku: Buku ini membahas isu-isu penting terkait literasi dan pendidikan di Indonesia, dengan fokus pada upaya meningkatkan minat baca dan kualitas pendidikan nasional. Dalam konteks survei literasi yang menempatkan Indonesia di peringkat 60 dari 61 negara, buku ini menyoroti bagaimana hasil survei tersebut bisa menjadi peluang untuk perbaikan, selama pemerintah dan masyarakat bersikap responsif dan proaktif. Buku ini juga menyoroti peran penting telepon pintar sebagai media utama akses bacaan di Indonesia, yang memiliki tingkat penggunaan sangat tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk menyediakan bahan bacaan yang didesain khusus untuk smartphone, agar lebih mudah dan menarik dibaca. Selain itu, buku ini membahas berbagai inisiatif dan program yang diluncurkan untuk meningkatkan literasi, seperti program pengiriman buku gratis, gerakan literasi sekolah, dan berbagai inisiatif daerah seperti GPMB dan street library. Semua upaya ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat sebagai salah satu tolok ukur kualitas literasi. Buku ini juga menyertakan informasi hukum terkait hak cipta, sebagai pengingat bahwa penggunaan dan distribusi karya cipta harus dilakukan dengan tanggung jawab dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan berbagai topik yang disajikan, buku ini menjadi referensi penting bagi pemerintah, pendidik, dan masyarakat dalam membangun sistem pendidikan yang lebih inklusif, literasi yang lebih tinggi, dan akses bacaan yang lebih mudah dan relevan.
Pendidikan jarak jauh dengan segala variasinya terus berkembang Perubahan cara penyampaian materi dan orientasi mahasiswa menjadi kunci sukses
Jumlah Halaman | 61 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0442-6 |