Pembelajaran Klinik Kebidanan atau sering disebut sebagai Praktik Klinik Kebidanan PKK adalah suatu proses pembelajaran untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pengalaman nyata yang memerlukan praktik langsung pada pasien Pusdiknakes tahun 2011 menyatakan bahwa melalui praktik klinik mahasiswa dimungkinkan untuk mengembangkan dan memadukan pengetahuan keterampilan dan sikap yang mereka perlukan dalam praktik sebagai bidan yang kompeten Penguasaan keterampilan klinik merupakan elemen yang penting dari mutu profesional lulusan perguruan tinggi kebidanan Dengan demikian mahasiswa kebidanan sangat bergantung pada institusi pendidikan untuk memperoleh kesempatan praktik klinik yang berkualitas Pembelajaran praktik klinik merupakan fase yang memegang peranan penting dalam proses pendidikan bidan Pembelajaran klinik dimaksudkan untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pengalaman nyata yang memerlukan praktik langsung pada pasien Menurut Kemal N S 2003 penguasaan keterampilan klinik merupakan elemen yang penting dari mutu profesional lulusan perguruan tinggi kesehatan Meskipun mahasiswa diperkenalkan dengan keterampilan keterampilan di kelas dan laboratorium tetapi melalui praktik kliniklah keterampilanketerampilan tersebut dikembangkan dan diterapkan sehingga mahasiswa dapat lebih menguasai keterampilan tersebut Pusdiknakes tahun 2011 menyatakan bahwa melalui praktik klinik mahasiswa dimungkinkan untuk mengembangkan dan memadukan pengetahuan keterampilan dan sikap yang mereka perlukan dalam praktik sebagai bidan yang kompeten Mahasiswa kebidanan bergantung pada institusi pendidikan untuk memperoleh kesempatan praktik klinik yang berkualitas Penguasaan keterampilan klinik merupakan elemen yang penting dari mutu profesional lulusan perguruan tinggi kebidanan Pembelajaran praktik klinik merupakan fase yang memegang peranan penting dalam proses pendidikan bidan Pembelajaran klinik dimaksudkan untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pengalaman nyata yang memerlukan praktik langsung pada pasien Berdasarkan kondisi tersebut dalam buku ini akan dikembangkan pembelajaran praktik klinik untuk memperoleh peningkatan kualitas pada pembelajaran praktik klinik mahasiswa kebidanan Pembelajaran Klinik Kebidanan atau sering disebut sebagai Praktik Klinik Kebidanan PKK adalah suatu proses pembelajaran untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pengalaman nyata yang memerlukan praktik langsung pada pasien Pusdiknakes tahun 2011 menyatakan bahwa melalui praktik klinik mahasiswa dimungkinkan untuk mengembangkan dan memadukan pengetahuan keterampilan dan sikap ...yang mereka perlukan dalam praktik sebagai bidan yang kompeten Penguasaan keterampilan klinik merupakan elemen yang penting dari mutu profesional lulusan perguruan tinggi kebidanan Dengan demikian mahasiswa kebidanan sangat bergantung pada institusi pendidikan untuk memperoleh kesempatan praktik klinik yang berkualitas Pembelajaran praktik klinik merupakan fase yang memegang peranan penting dalam proses pendidikan bidan Pembelajaran klinik dimaksudkan untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pengalaman nyata yang memerlukan praktik langsung pada pasien Menurut Kemal N S 2003 penguasaan keterampilan klinik merupakan elemen yang penting dari mutu profesional lulusan perguruan tinggi kesehatan Meskipun mahasiswa diperkenalkan dengan keterampilan keterampilan di kelas dan laboratorium tetapi melalui praktik kliniklah keterampilanketerampilan tersebut dikembangkan dan diterapkan sehingga mahasiswa dapat lebih menguasai keterampilan tersebut Pusdiknakes tahun 2011 menyatakan bahwa melalui praktik klinik mahasiswa dimungkinkan untuk mengembangkan dan memadukan pengetahuan keterampilan dan sikap yang mereka perlukan dalam praktik sebagai bidan yang kompeten Mahasiswa kebidanan bergantung pada institusi pendidikan untuk memperoleh kesempatan praktik klinik yang berkualitas Penguasaan keterampilan klinik merupakan elemen yang penting dari mutu profesional lulusan perguruan tinggi kebidanan Pembelajaran praktik klinik merupakan fase yang memegang peranan penting dalam proses pendidikan bidan Pembelajaran klinik dimaksudkan untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pengalaman nyata yang memerlukan praktik langsung pada pasien Berdasarkan kondisi tersebut dalam buku ini akan dikembangkan pembelajaran praktik klinik untuk memperoleh peningkatan kualitas pada pembelajaran praktik klinik mahasiswa kebidanan