Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan terstruktur dalam memahami serta mengembangkan pembelajaran praktik klinik kebidanan. Buku ini disusun untuk mendukung proses pembelajaran praktik klinik yang efektif dan konsisten antara pembimbing akademik dan pembimbing lapangan, serta mengatasi perbedaan persepsi yang sering terjadi selama kegiatan praktik klinik. Buku ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran praktik kebidanan, khususnya dalam asuhan persalinan, sehingga mahasiswa kebidanan dapat memperoleh keterampilan klinik yang kompeten dan profesional. Dalam buku ini dijelaskan berbagai aspek penting dalam praktik klinik kebidanan, seperti definisi dan tujuan praktik klinik, karakteristik praktik klinik saat ini di Indonesia, metode pembelajaran, peran pembimbing, serta metode penilaian keterampilan. Selain itu, buku ini juga membahas sistem pembelajaran perseptor mentorship sebagai bentuk pendekatan pembelajaran yang efektif dalam membangun keterampilan klinik mahasiswa kebidanan. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan mengenai hukum hak cipta dan sanksi pelanggaran, sebagai bagian dari upaya untuk memastikan penggunaan karya cipta yang sesuai dengan aturan dan etika akademik. Dengan penyusunan yang terarah dan komprehensif, buku ini diharapkan dapat menjadi acuan yang bermanfaat bagi dosen, pembimbing, dan mahasiswa dalam memperkaya pemahaman dan penerapan praktik klinik kebidanan.
Pembelajaran Klinik Kebidanan atau sering disebut sebagai Praktik Klinik Kebidanan PKK adalah suatu proses pembelajaran untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pengalaman nyata yang memerlukan praktik langsung pada pasien Pusdiknakes tahun 2011 menyatakan bahwa melalui praktik klinik mahasiswa dimungkinkan untuk mengembangkan dan memadukan pengetahuan keterampilan dan sikap yang mereka perlukan dalam praktik sebagai bidan yang kompeten Penguasaan keterampilan klinik merupakan elemen yang penting dari mutu profesional lulusan perguruan tinggi kebidanan Dengan demikian mahasiswa kebidanan sangat bergantung pada institusi pendidikan untuk memperoleh kesempatan praktik klinik yang berkualitas Pembelajaran praktik klinik merupakan fase yang memegang peranan penting dalam proses pendidikan bidan Pembelajaran klinik dimaksudkan untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pengalaman nyata yang memerlukan praktik langsung pada pasien Menurut Kemal N S 2003 penguasaan keterampilan klinik merupakan elemen yang penting dari mutu profesional lulusan perguruan tinggi kesehatan Meskipun mahasiswa diperkenalkan dengan keterampilan keterampilan di kelas dan laboratorium tetapi melalui praktik kliniklah keterampilanketerampilan tersebut dikembangkan dan diterapkan sehingga mahasiswa dapat lebih menguasai keterampilan tersebut Pusdiknakes tahun 2011 menyatakan bahwa melalui praktik klinik mahasiswa dimungkinkan untuk mengembangkan dan memadukan pengetahuan keterampilan dan sikap yang mereka perlukan dalam praktik sebagai bidan yang kompeten Mahasiswa kebidanan bergantung pada institusi pendidikan untuk memperoleh kesempatan praktik klinik yang berkualitas Penguasaan keterampilan klinik merupakan elemen yang penting dari mutu profesional lulusan perguruan tinggi kebidanan Pembelajaran praktik klinik merupakan fase yang memegang peranan penting dalam proses pendidikan bidan Pembelajaran klinik dimaksudkan untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pengalaman nyata yang memerlukan praktik langsung pada pasien Berdasarkan kondisi tersebut dalam buku ini akan dikembangkan pembelajaran praktik klinik untuk memperoleh peningkatan kualitas pada pembelajaran praktik klinik mahasiswa kebidanan
Jumlah Halaman | 101 |
---|---|
Kategori | Kesehatan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-280-845-9 |
eISBN | 978-623-209-178-8 |