Logo Bacabuku
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI: TEORI DAN PRAKTIK

PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI: TEORI DAN PRAKTIK

Dr. Khadijah. M.Ag.; Nurul Amelia
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Praktik* ini menyajikan konsep dasar, ranah, dan jenis-jenis perkembangan kognitif anak usia dini. Buku ini menjelaskan bahwa masa usia dini (0–8 tahun) merupakan masa yang sangat kritis dan fundamental dalam pembentukan kepribadian dan karakter anak. Dalam buku ini, dibahas berbagai aspek perkembangan kognitif, seperti pengembangan auditory, visual, kinestetik, aritmatika, geometri, serta eksperimen sains. Penulis menjelaskan bahwa setiap anak memiliki karakteristik unik yang dipengaruhi oleh latar belakang keluarga dan lingkungan, sehingga perlu pendekatan pendidikan yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing anak. Buku ini juga memberikan wawasan tentang prinsip-prinsip perkembangan kognitif, serta mengupas teori perkembangan kognitif yang relevan dengan usia dini. Buku ini merupakan referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, orang tua, dan calon pengasuh anak usia dini dalam memahami dan memfasilitasi perkembangan kognitif anak secara optimal.

Sinopsis ebook

Setiap anak adalah individu yang unik karena masing masing anak memiliki karakteristik yang berbeda antara satu sama lainnya Oleh karena itu setiap anak tidak boleh diperlakukan sama dengan yang lainnya Maka orang dewasa hendaklah lebih dapat memahami setiap anak sekaligus dengan karakteristiknya Anak dipandang sebagai individu yang baru mulai mengenal dunia ia belum mengetahui tata krama sopan santun aturan norma etika dan berbagai hal tentang dunia ia juga sedang belajar berkomunikasi dengan orang lain dan belajar memahami orang lain anak perlu dibimbing agar memahami tentang dunia dan juga isinya la juga perlu dibimbing agar memahami berbagai fenomena alam dan dapat melakukan keterampilan keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup di masyarakat Kemampuan kognitif dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengetahui sesuatu Artinya mengerti menunjukkan kemampuan untuk menangkap sifat arti atau keterangan mengenai sesuatu serta mempunyai gambaran yang jelas terhadap hal tersebut perkembangan kognitif sendiri mengacu kepada kemampuan yang dimiliki seorang anak untuk memahami sesuatu Pengembangan kognitif pada dasarnya dimaksudkan agar anak mampu mengeksplorasi terhadap dunia sekitar melalui pancaindranya sehingga dengan pengetahuan yang didapatnya anak akan memainkan perannya sebagai makhluk Tuhan yang harus memberdayakan apa yang ada di dunia ini untuk kepentingannya dan orang lain Buku ini disusun sebagai bahan bacaan atau referensi untuk pembaca bagi yang ingin mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini Harapannya dengan adanya buku ini dapat menjadi salah satu bahan rujukan atau Literatur bagi para calon pendidik maupun orangtua

Detail Buku

Jumlah Halaman 252
Kategori Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD )
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-218-680-4
eISBN 978-623-218-698-9
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI: TEORI DAN PRAKTIK

PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI: TEORI DAN PRAKTIK

Dr. Khadijah. M.Ag.; Nurul Amelia