Belakangan ini ada kecendrungan di dalam masyarakat untuk lebih memperkenalkan kegiatan belajar sejak masa kanakkanak sedini mungkin Bermacam alasan dikemukakan tentang perlunya berbagai potensi anak yang dipacu perkembangannya terutama inteligensinya dan bahasa yang merupakan bagian dari multiple intelligent Banyak bukti dapat dilihat betapa proses pembelajaran anak dapat dipercepat tanpa menunggu masa sekolah Banyak usaha dapat dilakukan untuk mengoptimalkan otak kiri dan belahan otak kanan bagaimana mengajar anak sedini mungkin belajar bahasa berhitung dan lain lain Disisi lain ada ungkapan bahwa perkembangan anak sebaiknya tidak dipacu dengan beban pembelajaran yang belum perlu dan tidak sepadan dengan ciri ciri tahap perkembangannya Orang mudah menyaksikan betapa pendekatan pembelajaran dengan cara dan serana tertentu menjadikan seorang anak cepat pintar dan terampil Tapi apakah perlu anak usia tiga tahun sudah kecanduan membaca apakah kemahiran berbicara pada usia tiga tahun sudah berfungsi dalam interaksi antara anak dengan lingkungannya sosial interaction Apa tidak ada permainan yang lebih baik bagi perkembangan fungsi kognitif dan motorik anak usia 3 tahun dibandingkan dengan kecanduannya bermain Banyak lagi yang dipersoalkan mengenai perlu tidaknya proses pembelajaran pada anak dipacu sejak sedini mungkin Belakangan ini ada kecendrungan di dalam masyarakat untuk lebih memperkenalkan kegiatan belajar sejak masa kanakkanak sedini mungkin Bermacam alasan dikemukakan tentang perlunya berbagai potensi anak yang dipacu perkembangannya terutama inteligensinya dan bahasa yang merupakan bagian dari multiple intelligent Banyak bukti dapat dilihat betapa proses pembelajaran anak dapat dipercepat tanpa menunggu masa ...sekolah Banyak usaha dapat dilakukan untuk mengoptimalkan otak kiri dan belahan otak kanan bagaimana mengajar anak sedini mungkin belajar bahasa berhitung dan lain lain Disisi lain ada ungkapan bahwa perkembangan anak sebaiknya tidak dipacu dengan beban pembelajaran yang belum perlu dan tidak sepadan dengan ciri ciri tahap perkembangannya Orang mudah menyaksikan betapa pendekatan pembelajaran dengan cara dan serana tertentu menjadikan seorang anak cepat pintar dan terampil Tapi apakah perlu anak usia tiga tahun sudah kecanduan membaca apakah kemahiran berbicara pada usia tiga tahun sudah berfungsi dalam interaksi antara anak dengan lingkungannya sosial interaction Apa tidak ada permainan yang lebih baik bagi perkembangan fungsi kognitif dan motorik anak usia 3 tahun dibandingkan dengan kecanduannya bermain Banyak lagi yang dipersoalkan mengenai perlu tidaknya proses pembelajaran pada anak dipacu sejak sedini mungkin